MultisportSportainment

Hobi Bersepeda? Ini 7 Aksesoris Sepeda yang Wajib Dimiliki

Jika Anda baru pergi ke toko sepeda untuk pertama kali, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan yang membingungkan.

Tanpa persiapan atau minimnya informasi, Anda bisa saja keluar dengan membeli barang yang tidak diperlukan, dan justru melewatkan barang atau aksesoris sepeda yang wajib Anda miliki.

Karena itu, simak panduan di bawah ini terkait perlengkapan wajib serta pendukung untuk pesepeda.

1.      Helm sepeda

Helm merupakan aksesoris sepeda penting yang wajib Anda beli tepat setelah Anda membeli sebuah sepeda. Benda ini pun wajib Anda pakai setiap kali Anda menggowes sepeda. Tanpa alasan, baik itu perjalanan jauh atau dekat. Helm sepeda akan melindungi kepala Anda saat mengalami benturan atau terjatuh. Ada baiknya memilih helm sepeda yang tebal dan melindungi bagian kepala Anda hingga bagian belakang.

2.      Botol minum

Menggowes sepeda merupakan hal yang melelahkan. Apalagi di hari yang panas, tingkat kelelahan akan berlipat ganda. Pastinya tubuh Anda akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak. Di saat ini, tubuh akan membutuhkan kembali cairan. Untuk botol minum sendiri, Anda sebaiknya memilih botol dengan bahan aluminium yang kuat dan ringan.

3.      Lampu sepeda

Untuk berkendara pada malam hari, lampu sepeda akan sangat berguna. Bukan hanya untuk menerangi jalan Anda, tapi juga untuk memberikan tanda kepada pengendara lainnya akan keberadaan Anda di jalanan. Untuk itu, Anda harus menggunakan lampu depan dan belakang.

Ada baiknya pula, Anda menggunakan lampu sein untuk memberitahu pengendara lainnya kalau Anda akan berbelok ke kanan atau ke kiri. Anda bisa memasang lampu-lampu tersebut di sepeda atau helm.

4.      Jaket windbreaker

Ini hanya pilihan buat Anda, tapi ada baiknya Anda punya jaket windbreaker satu atau dua untuk Anda pakai jika mau menempuh perjalanan jauh. Jaket ini bisa melindungi Anda dari hembusan angin saat berkendara dengan kecepatan tinggi supaya Anda tidak sesak atau masuk angin.

5.      Bel sepeda

Bel sepeda bisa menyelamatkan Anda dari kecelakaan. Dengan membunyikan bel sepeda di jalan, Anda sudah bisa memberi tahu orang-orang sekitar bahwa Anda ingin lewat. Bel sepeda juga semakin berguna saat menggowes di malam hari dengan cahaya yang minim.

Apa pun jenis sepeda yang Anda punya, bel sepeda penting keberadaannya di bagian stang sepeda. Pasang bel sepeda di dekat tangan Anda supaya mudah dijangkau dengan jari yang sedang memegang stang.

6.      Jersey dan celana padding

Ada baiknya Anda tidak menggunakan bahan katun waktu naik sepeda. Bahan pakaian katun akan menyerap keringat dari tubuh Anda. Lama-lama, baju yang Anda pakai akan berat dan itu akan jadi beban Anda saat menggowes. Disarankan pakai jersey sepeda yang dengan bahan yang tidak menyerap keringat.

Begitu juga dengan celana sepeda dengan bahan yang sama. Selain itu, celana sepeda juga punya bantalan di bagian pinggul untuk buat Anda tetap nyaman biarpun lama-lama duduk di atas sepeda.

7.      Sarung tangan

Semakin sering menggenggam sesuatu, telapak tangan Anda akan semakin kasar. Malah, bagian-bagian tertentu akan kapalan. Guna mencegah itu terjadi, ada baiknya Anda memakai sarung tangan sepeda. Bukan hanya untuk melindungi telapak Anda dari kapalan, sarung tangan sepeda juga akan menjaga bagian tangan Anda saat terjadi dari sepeda.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close