MultisportSportainment

Dari Skipping Hingga Plank, Ini 5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Musim Hujan

Udara dingin saat musim hujan cenderung membuat orang malas bergerak dan lebih memilih berada di bawah selimut lebih lama. Namun meski udara serta cuaca sedang tidak bersahabat, bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan olahraga. Olahraga rutin dan teratur tentu penting untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

Tubuh tetap butuh olahraga, terlebih karena kondisi lingkungan buruk dan virus penyakit lebih mudah menular. Lantas, olahraga apa yang tetap bisa dilakukan di musim hujan? Berikut ini beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat musim hujan, salah satunya menggunakan tali skipping.

1.      Skipping

Skipping atau lompat tali dapat meningkatkan fleksibilitas, kebugaran, dan koordinasi kardio pernapasan. Menurut ahli kebugaran, bahwa olahraga menggunakan skipping ini bermanfaat sangat bagus dalam membangun tulang dan membantu menurunkan berat badan.

Melompat dengan tali skipping dalam satu jam setidaknya bisa membakar sampai dengan 560 kalori. Caranya juga terbilang mudah untuk dipelajari dan sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Olahraga ini bisa dilakukan di dalam rumah, jadi musim hujan bukanlah suatu penghalang.

2.      Squat jump

Squat jump dilakukan dengan memberikan tekanan pada otot pada dan betis. Gerakan olahraga ini bisa dilakukan di mana aja dan kapan pun, apalagi olahraga ini nggak membutuhkan peralatan apapun. Squat jump bermanfaat untuk membentuk otot tubuh, membangun energi pada otot, dan mengoptimalkan pembakaran lemak.

3.      Plank

Olahraga plank terkenal sebagai jenis latihan yang akan memperkuat otot perut. Cara melakukan plank juga mudah yaitu dengan melakukan posisi push-up kemudian tekuk lengan dan taruh di atas matras. Mulailah dengan menahan tubuh kurang lebih minimal 30 detik. Latihan ini memang sangat menantang tapi juga bagus untuk membentuk tubuh.

4.      Gym dengan peralatan rumah

Melakukan angkat beban tidak selalu menggunakan alat yang berada di pusat kebugaran. Dengan alat-alat seadanya di rumah, Anda tetap bisa melakukan gerakan layaknya di pusat kebugaran. Misalnya, melakukan push-up sambil menonton televisi atau melakukan angkat beban menggunakan dumbbell.

5.      Naik turun tangga

Jika rumah bertingkat, maka bisa gunakan tangga untuk melatih otot kaki. Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Oregon State University membuktikan bahwa naik-turun tangga berpengaruh baik terhadap tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula rendah.

Naik-turun tangga juga membakar kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. Jika tidak memiliki tangga, Anda bisa menggunakan kursi yang kokoh sebagai penggantinya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close