Bola

Cek 5 Bagian Ini Sebelum membeli Sepatu Futsal

Di dunia futsal, pilihan sepatu wajib hukumnya. Sepatu futsal adalah hal yang cukup penting untuk dimiliki jika kita ingin bermain futsal. Tetapi kebanyakan orang merasa kebingungan atau bahkan salah dalam membeli sepatu. Mulai dari pemula, bahkan pemain yang sudah cukup lama bermain pun sering melakukan kesalahan dalam memilih sepatu.

Pemilihan sepatu yang tepat akan mempengaruhi performa Anda dalam melakukan olahraga futsal. Banyak hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli sepatu futsal, karena kalau salah pilih bisa berakibat fatal, baik bagi performa maupun keselamatan diri Anda sendiri. Berikut 5 hal penting yang perlu diperhatikan ketika Anda membeli sepatu futsal.

1.      Bahan sepatu

Bahan sepatu adalah hal yang paling dasar untuk diperhatikan pada saat memilih sepatu futsal. Terdapat empat bahan yang sering digunakan untuk membuat sepatu futsal, yaitu karbon, kulit, kain, dan imitasi.

Bahan paling baik adalah dari bahan serat karbon karena membuat pengguna merasa nyaman, ringan, dan juga kuat. Bahan yang paling dihindari adalah bahan imitasi karena akan mudah rusak dan juga sangat tidak nyaman untuk digunakan.

2.      Desain atas sepatu

Bentuk bagian atas sepatu sangatlah penting dalam memilih sepatu futsal yang baik, terutama bagian depan sepatu yang sangat menentukan saat menendang. pastikan Anda memilih sepatu yang nyaman dibagian depannya saat digunakan. Perhatikan pula bentuknya, mulai dari bahannya, jahitan, hingga bagian pelapis dalamnya.

3.      Desain belakang sepatu

Tumit adalah bagian kaki yang sangat rentan untuk terkena cedera jika salah saat berpijak. Oleh karenanya, pastikan memilih bagian tumit sepatu yang memiliki lapisan yang sangat baik, tidak mudah tertekuk, memiliki sol lembut, tapi cukup tebal untuk menahan kaki saat berlari.

4.      Sol bawah sepatu

Bagian ini juga kerap disebut outsole. Bagian sepatu ini yang menapak pada permukaan lapangan. Untuk sepatu futsal, sol dari bahan karet jadi andalan. Pasalnya, bahan ini membuat kaki tetap bergerak lincah dan meningkatkan traksi ketika berlari di atas lapangan futsal yang licin.

Pada sepatu sepakbola, Anda bisa menemukan gerigi runcing semacam paku di sol bawah. Jenis gerigi ini pun berbeda-beda sesuai dengan tipe lapangan bola tempat bertanding. Namun, ini tidak berlaku pada sepatu futsal. Biasanya produsen sepatu membuat tekstur atau bahkan sol tanpa jejak untuk memudahkan pergerakan.

5.      Sol bagian dalam sepatu

Pada beberapa sepatu futsal, bagian insole bisa dilepas. Dengan demikian, bagian ini mudah dibersihkan. Namun, banyak juga produsen sepatu futsal yang merancang insole yang melekat pada sepatu.

Sol dalam ini bisa berfungsi mengoreksi posisi kaki dan menopang beban tubuh saat Anda berdiri atau bergerak. Jadi, pastikan insole dari sepatu futsal yang Anda beli punya sol dalam yang bagus dan empuk.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close