Sportainment

Cara Memilih Bola Tenis yang Tepat

Jika Anda berniat untuk membeli bola tenis, jangan melakukannya dengan asal-asalan. Meski hanya sekadar bola, Anda tetap harus tahu betul terkait jenis-jenis dan tipe bola tenis saat ini.

Tenis sudah menjadi olahraga yang populer saat ini. Olahraga yang berasal dari Birmingham, Inggris, tersebut bahkan sudah menjadi salah satu cabang olahraga favorit di setiap edisi Olimpiade.

Dalam tenis, ada beberapa perlengkapan yang memiliki nilai penting. Selain raket, bola tenis juga memiliki nilai penting tersendiri. Untuk bisa memilih dengan tepat, Anda harus mengetahui beberapa hal berikut.

Jenis Bola

Ada tiga jenis bola tenis saat ini, yakni Championship Level, Professional Level, dan Recretional Level. Masing-masing dari jenis ini dibuat untuk gaya bermain dan tingkat permainan yang berbeda.

Bola jenis Recreational Level biasanya digunakan sebagai latihan yang dipasang pada mesin penembak bola tenis. Sedangkan Championship Level digunakan untuk pertandingan liga dan harganya pun sangat mahal. Lalu untuk Professional Level dibuat dengan kualitas mumpuni dan ditujukan untuk pemain pro.

Tekanan Udara

Ada dua jenis bola tenis jika bicara soal tekanan udara. Ada Pressureless Ball (tanpa tekanan udara) dan Pressurized Ball (dengan tekanan udara). Pressureless Ball biasanya dimainkan pemula atau orang yang hanya menjadikan tenis sebagai hobi saja.

Bola ini akan memantul dari struktur cangkang karet, tapi bobotnya akan sedikit lebih berat dan sulit dikontrol. Meski begitu, bola jenis ini memiliki daya tahan yang lama sehingga Anda tak perlu sering membeli bola.

Sedangkan Pressurized Ball digunakan di banyak turnamen dunia. Bola ini menggunakan tekanan udara internal untuk pantulan, kecepatan dan perputaran. Kelemahannya bola akan lebih cepat kehilangan pantulan dan putaran saat tekanan udara di dalam bola mulai menurun.

Tingkat Bola

Ada beberapa tingkatan bola yang harus Anda ketahui. Berikut jenis-jenisnya:

– Tingkat 3 (Red): Bola level ini dirancang untuk pemula atau pemain muda yang ingin mengasah kemampuannya.  Bola ini digunakan pada 36-Foot court.

– Tingkat 2 (Orange): Orange ball dibuat untuk digunakan pada 60-Foot court dan menawarkan Anda permainan dengan skala yang lebih tinggi dibandingkan dengan Red ball.

– Tingkat 1 (Green): Bola tenis tingkat lanjut yang digunakan dalam turnamen dan pertandingan liga. Green ball memantul sedikit lebih rendah, tetapi dapat membantu Anda untuk mengembangkan bermacam-macam teknik yang tepat. Sangat sempurna digunakan pada full sized 70-Foot court.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close