Uncategorized

Berminat Main Paralayang? Ikuti Beberapa Tips Ini

Paralayang menjadi olahraga ekstrem yang kini mulai dihinggapi banyak peminat. Orang yang tergolong sebagai adrenaline junkie justru menjadikan olahraga ini layaknya sebuah tantangan.

Paralayang sendiri adalah olaraga yang menggunakan parasut agar bisa terbang bebas dengan menggunakan kekuatan angin. Biasanya olahraga ini dilakukan di daerah perbukitan atau pegunungan.

Anda ingin mencobanya tapi takut karena tak memiliki pengalaman? Jangan khawatir. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan bagi para pemula yang ingin menjajal olahraga paralayang. Berikut tipsnya:

Siapkan Kondisi Fisik

Ini adalah langkah yang harus Anda lakukan. Pastikan kondisi fisik Anda benar-benar layak untuk bermain paralayang. Pasalnya, jika dilakukan saat tubuh tidak dalam kondisi yang prima, itu jelas akan membahayakan.

Pilih Operator yang Berkualitas

Ada banyak pilihan operator paralayang saat ini. Namun, Anda juga tak boleh memilihnya secara sembarang. Operator yang harus Anda pilih adalah yang memiliki instruktur bersertifikat FASI (Federasi Aero Sport Indonesia).

Siapkan Peralatan yang Baik

Bagi seorang pemula, biasanya akan ditemani seorang instruktur saat terbang dengan paralayang. Instruktur tersebut akan memastikan kelengkapan peralatan yang Anda kenalan.

Beberapa peralatan tersebut adalah parasut utama dan cadangan, harness (tempat duduk untuk penerbang), sarung tangan, dan helm. Anda juga harus menggunakan sepatu yang ringan. Lalu, akan ada beberapa peralatan pendukung seperti radio/GPS, windmeter, dan lainnya yang biasanya dipakai instruktur.

Patuhi Instruksi

Instruktur yang menemani penerbangan Anda akan duduk di belakang. Nantinya, instruktur ini yang akan mengendalikan pergerakan parasut agar mencapai lokasi pendaratan. Tapi, penumpang biasanya juga akan diberikan beberapa instruksi.

Nah, itu mengapa Anda harus mematuhi segala macam instruksi yang diberikan, baik saat take off, saat terbang, dan saat mendarat.

Jangan Panik

Saat sudah tak menginjak daratan, kendalikan diri Anda agar tidak panik. Kepanikan akan mengganggu instruktur yang butuh konsentrasi dalam mengendalikan parasut. Salah satu cara agar tidak panik adalah menikmati pemandangan atau mengambil foto landscape untuk dokumentasi pribadi.

Kerja Sama

Proses pendaratan agar berjalan sempurna harus membutuhkan kerja sama antara instruktur dan Anda. Instruktur biasanya akan meminta Anda untuk bersiap-siap jelang pendaratan. Anda akan diberitahu kapan kaki Anda harus menjejak ke tanah atau meluruskan kaki seperti posisi orang duduk.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close