Multisport

Bentuk Kekuatan Lengan dengan 4 Jenis Latihan Ini

Memiliki otot lengan yang kuat nyatanya tak hanya bermanfaat bagi penampilan, tapi juga bisa memaksimalkan kinerja tubuh. Sebab saat seseorang memiliki otot lengan yang kuat, ia akan lebih mudah dalam melakukan berbagai kegiatan dan olahraga yang melibatkan bagian tubuh tersebut. Seperti mencuci, mengangkat barang hingga hal yang sederhana lainnya.

Biasanya untuk memiliki otot-otot yang kuat, seseorang akan rela melakukan apa saja termasuk rutin pergi ke pusat kebugaran. Tapi jangan khawatir, kalau anda tidak punya cukup waktu untuk menghabiskan waktu ke pusat kebugaran, coba saja lakukan latihan sederhana untuk menguatkan otot lengan. Selain sederhana, latihan-latihan ini juga bisa Anda lakukan di rumah. Bagaimana caranya?

1.     Push up

Salah satu latihan yang paling ampuh untuk melatih otot lengan adalah push up. Tak hanya itu, gerakan dari latihan ini ternyata juga bisa membantu melatih otot dada dan bahu. Biar lebih efektif, coba lakukan gerakan push up dengan cara berikut.

Ambil posisi dasar untuk push up yaitu tubuh membentuk garis lurus dari kepala hingga ujung kaki. Usahakan agar lutut tidak menempel di lantai dan pertahankan posisi ini. Kedua tangan pun harus lurus dan sejajar dengan bahu.

Setelah itu, mulai turunkan badan secara perlahan dengan menekuk siku ke sisi luar. Jangan sampai tubuh sepenuhnya menyentuh lantai, berhenti setelah dada turun sekitar 2,5 sentimeter ke arah lantai. Pertahankan posisi ini untuk beberapa saat, kemudian kembali ke posisi semula. Ulangi gerakan sebanyak 10-15 kali dan lakukan sebanyak 3 set.

2.      Angkat dumbell

Anda bisa memilih untuk menggunakan alat bantu dalam latihan untuk membentuk otot lengan yang kuat. Salah satunya adalah denganĀ dumbell. Mulai gerakan dengan posisi berlutut, kemudian angkat kaki kanan dan tekuk ke arah depan hingga membentuk sudut 90 derajat.

Lalu pegang dumbell dengan tangan kiri dan luruskan ke arah belakang sejauh mungkin. Pertahankan posisi ini selama 60 detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan secara  bergantian pada kaki dan tangan lainnya dan ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali. Anda bisa mengganti barbel dengan botol berisi air.

3.      Bertumpu pada dinding

Berdiri menghadap dinding dan beri jarak antara tubuh dengan dinding sekitar satu lengan. Kemudian letakkan kedua telapak tangan pada dinding hingga setinggi dada. Kemudian lakukan gerakan seperti push up, yaitu menekuk lengan untuk membuat tubuh mendekat ke dinding.

Usahakan agar badan tetap lurus dan jangan mengangkat tumit saat tubuh bergerak ke arah dinding. Tahan posisi ini untuk beberapa saat, kemudian luruskan kembali lengan dan tegakkan tubuh. Lalu ulangi latihan ini sebanyak 15 kali. Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot trisep atau lengan bagian atas. Selain dinding, Anda bisa menggunakan kursi sebagai alat bantu dan tumpuan selama melakukan latihan ini.

4.      Tekuk lengan

Gerakan yang satu ini benar-benar sederhana. Anda hanya perlu menyediakan dumbell atau bisa diganti dengan botol berisi air. Mulailah dengan berdiri tegak dan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan memegang barbel atau botol berisi air.

Kemudian secara perlahan tekuk kedua lengan pada sisi tubuh dan angkat beban hingga setinggi bahu. Tahan posisi tersebut dan turunkan kembali beban. Anda bisa mengulangi gerakan ini hingga 10 kali pada setiap tangan. Agar hasil lebih maksimal, kencangkan perut dan bokong saat melakukan gerakan ini.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close