MultisportSportainment

Agar Tidak Salah Pilih, Ini 5 Panduan Dalam Memilih Sepeda Lipat

Belakangan, popularitas sepeda sebagai moda transportasi utama dalam keseharian memang sudah tergantikan dengan kendaraan bermotor. Selain hemat dari segi waktu, kendaraan bermotor juga mampu menghemat tenaga.

Hal tersebutlah yang membuat pergeseran tren sepeda dari penggunaan utama sebagai moda transportasi yang kini menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Selain digunakan untuk berolahraga, sepeda juga kini digunakan sebagai media hiburan maupun bergaya.

Saat ini sepeda lipat kini memiliki tren sendiri di kalangan penggemarnya. Kalau Anda ingin membelinya, pertimbangkan dulu 5 faktor ini agar Anda tidak salah beli dan memang sesuai dengan kebutuhan.

1.      Perhatikan merek

Merek selalu menjadi faktor penentu kualitas suatu barang. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri memang. Oleh karena itu, jadikanlah merek bereputasi sebagai acuan pertama dan utama sebelum benar-benar membeli.

Selain itu, semakin populer mereknya, biasanya semakin banyak juga tersedia aksesoris pelengkap, vendor penyedia suku cadang atau pun bengkel khusus pada saat Anda memang membutuhkannya.

2.      Perhatian komponennya

Ada baiknya Anda paham komponen-komponen apa saja yang bagus yang seharusnya menjadi bahan baku pembuatannya. Kalau memang Anda kurang paham, sebaiknya kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai komponen gowes yang satu ini.

Hal ini penting demi menghindari salah pilih saat hendak membelinya. Sebaiknya Anda mempelajari komponen sepeda apa saja yang bagus, tidak berat dan memang berkualitas. Setelah mendapatkan informasi mengenai komponen berkualitas, Anda pun bisa membandingkan jenis seperti apa yang bagus dan cocok sesuai preferensi Anda.

3.      Perhatikan bagian roda

Dibandingkan sepeda biasa, sepeda lipat umumnya memiliki ukuran roda yang relatif lebih kecil. Biasanya, sepeda lipat memiliki ukuran antara 16 hingga 24 inch. Perlu diketahui bahwa ukuran roda akan sangat berpengaruh pada efisiensi sebuah sepeda lipat.

Semakin kecil ukurannya,semakin efisien pula ia ketika dilipat, dibawa, dan disimpan. Sebaliknya, ukuran yang kecil mungkin membuat Anda kurang nyaman dalam mengendarainya. Pastikan juga bahwa ukuran roda tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil dibandingkan ukuran tubuh.

Pastikan bahwa baik untuk disimpan dan dikendarai, ukuran roda memang disesuaikan dengan kebutuhan. Itulah mengapa ukuran roda tetap penting dipertimbangkan sebelum Anda membeli sepeda lipat.

4.      Cek ketahanannya

Poin ini berhubungan dengan poin kedua, dimana komponen pun berhubungan dengan daya tahan dan kenyamanan saat menggunakan sepeda lipat. Pikirkan baik-baik tujuan utama Anda untuk memilikinya.

Apabila digunakan sebatas hiburan atau berolahraga di taman-taman kota, mayoritas tersedia khusus untuk tujuan tersebut. Namun jika Anda memutuskan untuk menggunakannya di medan yang lebih ekstrim seperti perbukitan, maka utamakan sepeda dengan komponen yang berdaya tahan lebih kuat.

Selain itu, pastikan juga pernak-pernik yang ada di sepeda lipat Anda seperti stang, pedal, roda hingga bantalan kursi nyaman bagi Anda pada saat mengayuh.

5.      Pertimbangkan harganya

Apabila Anda sudah memanfaatkan empat poin di atas sebagai bahan pertimbangkan, sekarang saatnya memilih yang sesuai isi kantong. Sepeda lipat umumnya memiliki range harga mulai dari Rp1 juta hingga Rp 55 juta, tentu tergantung pada kualitas, merek, dan kebutuhan.

Nah, itulah beberapa tips cara memilih sepeda lipat yang berkualitas namun ramah dikantong. Bagi Anda yang hobi bersepeda, namun belum memiliki sepeda lipat dan aksesoris pendukung lainnya, kebetulan di Shopee lagi ada Promo 12.12 Big Sale. Sebelum promonya terlewatkan, ayo segera kunjungi aplikasi Shopee, pilih produk yang diinginkan, dan serbu promonya sekarang juga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close