MultisportSportainment

Agar Tidak Salah memilih Sepatu Tenia, Pahami 3 Jenis Lapangan Ini

Bermain tenis dengan serius, tentu tidak sekadar memakai perlengkapan yang terlihat bagus dan memiliki harga mahal namun juga soal lapangan seperti apa yang digunakan. Terdapat beberapa jenis lapangan yang ada pada olahraga tenis, yang dibedakan berdasarkan materinya.

Tentu saja setiap lapangan juga memiliki rekomendasi perlengkapan, dalam hal ini sepatu tenis, yang baik dan sesuai untuk digunakan agar bisa menunjang penampilan Anda. Berikut jenis lapangan serta rekomendasi sepatu yang bisa Anda cermati.

1.      Lapangan hard court

Lapangan tenis yang satu ini memiliki bahan berupa aspal keras yang kemudian dicat sebagai pembatas lapangannya. Lapangan hard court baik digunakan hampir pada semua musim dan tidak terhalang oleh kendala basah atau kering.

Sepatu yang digunakan biasanya memiliki tekstur yang disebut herringbone pada bagian bawahnya. Materinya tergolong materi yang memiliki daya tahan tinggi karena gesekan yang terjadi akan sangat mudah mengikis sepatu yang digunakan.Pola pada bagian bawah sol berguna untuk memberikan daya cengkram pada lapangan sehingga kamu tidak terpeleset.

2.      Clay court

Jenis lapangan yang satu ini terbuat dari tanah yang diberikan garis pembatas sebagai bentuk utama lapangan. Lapangan clay court memiliki kelebihan dimana kamu akan memiliki daya tahan lebih karena permukaannya cukup lunak. Namun ketika cuaca sedang buruk, lapangan tidak akan nyaman digunakan.

Sepatu tenis yang direkomendasikan adalah sepatu yang memiliki pola melintang, sehingga akan mencengkram lebih kuat serta tidak mudah tergelincir ketika lapangan sedikit basah. Pola ini, seperti pola herringbone, juga bertujuan agar tanah yang menempel pada sepatu tidak menumpuk terlalu banyak dan menjadi halangan bagi pemakainya.

Materi pada bagian atas sedikit lebih ketat ketika digunakan dengan tujuan mengurangi potensi masuknya tanah ke dalam sepatu.

3.      Grass court

Seperti namanya, lapangan ini memiliki permukaan rumput yang lebih lunak dibandingkan dengan lapangan tanah pada bagian sebelumnya. Memiliki tantangan pada kekuatan pukulan karena pantulan akan lebih terserap oleh lapangan sehingga kamu harus memukul bola sedikit dengan tenaga ekstra.

Sepatu tenis yang digunakan biasanya memiliki banyak tonjolan, bisa disebut dengan nubs atau cleats yang berfungsi untuk meningkatkan daya cengkeram pada lapangan yang sangat licin.Sepatu yang digunakan pada lapangan rumput merupakan sepatu paling spesifik di antara dua lapangan lain karena hanya akan bekerja dengan baik pada jenis lapangan ini saja.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close