MultisportSportainment

Agar Tidak Mudah Sakit Saat Mendaki, Kenali 4 Ciri Sepatu Hiking Berkualitas Ini

Mendaki gunung kini tengah menjadi suatu kegiatan yang cukup populer di kalangan millennials. Selain untuk menikmati keindahan alam, mendaki gunung juga merupakan salah satu cara untuk olahraga. Di luar negeri sendiri, mendaki gunung menjadi sebuah kegiatan yang hampir setiap minggu dilakukan oleh banyak orang. Beberapa gunung bahkan memiliki tracking tersendiri yang sudah dibuat khusus untuk memudahkan perjalanan para pendaki.

Namun, kegiatan ini bukanlah sebuah kegiatan yang mudah. Anda perlu banyak persiapan untuk mendaki sebuah gunung. Selain fisik yang prima, Anda juga harus memiliki peralatan yang mumpuni atas nama keselamatan dan kenyamanan. Sepatu hiking adalah benda pertama yang harus Anda miliki. Memiliki sepatu gunung yang berkualitas akan membantu melindungi kaki saat mendaki. Berikut tips memilih sepatu gunung yang berkualitas.

1.      Pilih sepatu dengan ukuran besar

Jika umumnya sepatu harian memiliki ukuran yang pas dengan kaki, berbeda dengan sepatu gunung. Anda harus memilih sepatu yang ukurannya lebih besar dari kaki. Misalkan untuk sepatu sehari-hari Anda menggunakan ukuran 40 maka khusus sepatu hiking Anda harus memilih ukuran 41 atau 42. Ruang lebih pada sepatu ini bertujuan agar kaki Anda tidak sakit saat melakukan perjalanan turun gunung.

Jika Anda memilih ukuran sepatu yang sama dengan kaki, maka bagian ujung jari kaki akan sangat tersiksa saat turun gunung karena tertekan dan terhimpit ujung sepatu. Sisa ruang lebih pada ujung sepatu juga bisa memberikan Anda pilihan untuk menggunakan kaus kaki lebih tebal supaya kaki terlindungi dari udara dingin saat mendaki di malam hari.

2.      Pilih sepatu dengan leher empuk

Bagian leher sepatu adah bagian yang akan bergesekan dengan atas tumit sehingga jika kondisi leher sepatu keras maka tumit juga akan mudah terluka. Luka ini makin cepat timbul saat Anda berjalan dalam waktu yang lama. Jadi saat memilih sepatu gunung lihat bagian leher sepatu apakah cukup lembut sehingga bisa mengurangi gesekan dan bagian atas tumit terlindungi.

3.      Periksa kondisi sol sepatu

Serupa dengan ukuran, sol sepatu gunung juga berbeda dengan sol sepatu sehari-hari atau sepatu marathon. Ini lantaran sol sepatu gunung didesain khusus untuk mengarungi medan pendakian yang penuh batu, licin, dan struktur tanah yang tidak menentu. Sebaiknya pilih sepatu dengan sol berceruk tajam dengan punggung sol yang tinggi. Dengan struktur sol seperti ini kakimu akan menapak dengan nyaman saat melewati berbagai medan curam di jalan pegunungan.

Selain itu, pilih sol sepatu dengan tumit besar dan kuat berbahan karet atau sintetis. Sol tumit besar dan kuat dapat menahan laju turun saat perjalanan turun gunung sehingga tidak mudah terpeleset.

4.      Pilih jenis sepatu sesuai track

Anda harus memilih sepatu gunung sesuai dengan track yang akan dilalui. Misalnya Mountaineering Boot adalah sepatu hiking yang cocok untuk track pegunungan bersalju. Sementara Heavy Boots dengan bahan gore-tex cocok untuk mendaki gunung dengan track yang panjang dan medan berat karena ia tahan air dan tidak mudah lembab. Ada lagi Mid-Weight Boot yang memiliki keunggulan sol yang tinggi dan keras sehingga tangguh untuk medan pegunungan yang curam.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close