MultisportSportainment

Agar Tidak Karatan Peralatan Camping Wajib Dibersihkan, Ini Tipsnya

Habis senang-senang naik gunung, yang paling bikin malas itu adalah membersihkan peralatan camping. Harus diakui, rasanya kadang masih ingin bersantai atau beristirahat terus karena pegal-pegal yang belum hilang. Sampai-sampai lupa untuk membersihkan alat masak camping.

Kebiasaan itu sebaiknya jangan Anda ditiru. Bagaimanapun, alat masak camping tidak boleh sampai lupa untuk dibersihkan. Kalau tidak segera dibersihkan peralatan tersebut bisa cepat rusak, belum lagi yang materialnya bisa cepat karatan juga. Berikut tips dalam merawat peralatan camping.

1.      Sebelum dibersihkan, angin-anginkan peralatan mendaki

Kalau masih ada tenaga segeralah keluarkan peralatan mendaki kalian yang bisa menimbulkan karat. Cara paling tepat setelahnya adalah mengangin-anginkan atau ditaruh di ruang terbuka supaya alat-alat yang terbuat dari logam tidak karatan.

Kalau sudah letakan di tempat yang kering. Lalu tenda dome bekas di atas gunung juga harus dirawat. Periksa dan bersihkan resleting tenda agar tidak macet saat kembali digunakan. Keringkan dengan baik tenda kamu sebelum kembali disimpan, agar tenda Anda bebas jamur.

2.      Lap menggunakan tisu bsah

Kompor peralatan pendukung naik gunung yang sering banget karatan. Sangat disarankan, kalau habis memakai kompor langsung dibersihkan supaya tidak cepat rusak dan berkarat.

Cara membersihkan kompor camping cukup mudah, Anda cuma perlu mengelap bagian permukaan kompor dengan tisu basah, terus di lap ulang dengan tisu kering. Setelahnya tunggu beberapa saat sampai benar-benar kering. Baru dimasukkan dalam kantong khusus kompor.

Biar lebih awet lagi, semprotkan kompor dengan cairan anti-karat, khususnya di bagian atas kompor. Kalau tidak ada bisa juga pakai cairan pelumas. Tapi hati-hati saat mengoles atau menyemprot cairan itu. Kalau terkena bagian pemantik api bisa memicu kerusakan kompor.

Setelah semua diberikan, tugas Anda selanjutnya adalah menyimpan peralatan di tempat yang paling aman. Simpan lagi peralatan Anda di tempat yang ideal, kalau perlu di tempat khusus supaya kondisinya tetap terjaga saat digunakan kembali.

Tempatkan semua peralatan di satu tempat juga biar tidak bingung kalau suatu saat Anda butuh untuk dipakai mendaki lagi. Keringkan dengan benar semua peralatan sebelum disimpan kembali. Lebih baik jemur dulu di bawah sinar mentari. Air bisa mendatangkan jamur pada kain atau karat pada besi yang bisa merusak peralatan mendaki.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close