MultisportSportainment

Agar Tak Salah Pilih, Pahami 5 Jenis Senar Raket Tenis

Saat Anda memutuskan untuk membeli raket tenis baru, Anda akan menghadapi persoalan selanjutnya, senar apa yang akan kamu pilih. Pemilihan senar sangat penting mengingat senar adalah bagian yang bersentuhan langsung dengan bola tenis.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui senar raket tenis agar Anda bisa memilih senar dengan tepat berdasarkan jenis dan karakternya.

1.      Natural gut

Jenis senar yang satu ini bisa dibilang adalah Rolls Royce-nya dunia senar untuk raket tenis. Senar natural gut menawarkan kekuatan tarik yang baik serta kenyamanan ketika dipasang pada raket pilihan Anda. Senar ini juga cocok digunakan baik untuk profesional maupun amatir.

Pada awalnya senar ini dibuat dari bahan dasar usus sapi, namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, bahan dasar tersebut kemudian diberikan kombinasi serta campuran agar kualitasnya meningkat.

Jenis ini cukup rentan pada air dan kelembaban, mengingat bahan dasarnya adalah bahan organik. Namun dengan coating yang makin canggih, senar ini bisa bertahan lebih baik dan lebih lama.

2.      Multifilament

Senar jenis ini merupakan susunan senar dari beberapa bagian senar yang lebih kecil. Berbahan dasar nylon, kemudian dirangkai dan disatukan menjadi satu kesatuan senar panjang dengan zat perekat khusus. Multifilament cenderung akan memberikan tenaga yang lebih besar dari jenis solid-core atau synthetic gut dan direkomendasikan untuk Andayang memiliki masalah pada bagian tangan.

Kelebihannya adalah akan terasa sangat kencang ketika baru dipasang, namun seiring berjalannya waktu akan berangsur-angsur menjadi kendor dan kurang nyaman digunakan dalam waktu lama.

3.      Monofilament

Seperti namanya, monofilament merupakan senar yang hanya terdiri dari satu kesatuan materi solid. Beberapa materi yang ada dicairkan kemudian dipadatkan menjadi satu senar solid. Memiliki daya tahan lebih tinggi daripada multifilament tapi memiliki kekurangan pada faktor power.

Senar ini cocok untuk Anda yang mencari senar yang lebih awet dan enak untuk melakukan teknik spin serta kontrol yang baik. Umumnya digunakan untuk mereka yang telah memiliki teknik cukup mumpuni, pada kelas menengah atau profesional.

4.      Synthetic gut

Jenis senar yang diklaim sebagai jenis paling ekonomis, berbahan dasar nylon dan memiliki inti monofilament. Kemudian inti ini dililit dengan satu atau beberapa lapis filamen lebih kecil sehingga bisa memberikan performa all around, cocok digunakan berbagai level pemain.

Senar jenis ini mengalami perkembangan yang cukup pesat dan banyak diminati karena cenderung nyaman digunakan dalam waktu yang cukup lama serta harga yang tidak terlalu mahal.

5.      Hybrid

Istilah hybrid dimaksudkan untuk penggunaan dua jenis senar yang berbeda pada satu raket secara bersamaan. Artinya satu jenis untuk bagian melintang, dan jenis lain untuk bagian membujur.

Kombinasi ini mulai banyak dilakukan karena banyak pemain merasa dengan mengkombinasikan dua jenis senar berbeda bisa mendapatkan hasil yang lebih memuaskan ketika bermain.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close