Sportainment

9 Peralatan yang Digunakan dalam Olahraga Arung Jeram

Olahraga arung jeram adalah salah satu olahraga ekstrem dengan risiko yang sangat tinggi. Agar risiko dapat dikelola dengan baik, peserta arung jeram harus mematuhi dan melaksanakan prosedur keselamatan dengan penuh kedisiplinan. Salah satu prosedur keselamatan yang harus dipatuhi adalah mempersiapkan peralatan arung jeram dengan baik dan lengkap. Apa saja peralatan dalam arung jeram? Simak daftar peralatan yang digunakan dalam arung jeram berikut ini.

1.      Perahu karet

Perahu karet merupakan alat utama yang harus ada, karena tak mungkin melakukan olahraga arung jeram menggunakan ban dalam mobil. Perahu ini tidak hanya sekedar bisa mengapung, bisa bermanuver dengan cepat, bisa mengeluarkan air secara otomatis, memiliki empat tabung udara yang sehingga jika salah satu tabung bocor akan digantikan oleh yang lain, dan yang pasti kuat dan kokoh.

2.      Dayung

Dayung memiliki fungsi untuk mengatur laju perahu dan memberhentikan perahu. Dayung biasanya terbuat dari fiber, kayu, alumunium dan plastik. Namun untuk standar dayung yang terbaik adalah yang tebuat dari plastik dan alumunim, karena kedua bahan ini ringan dan mampu terapung di dasar air.

Panjang dayung untuk arung jeram kurang lebih antara 150-170 m. Dayung untuk arung jeram pengangan pada ujungnya berbentuk T dan terbuat dari alumunium.

3.      Pelampung

Pelampung yang baik untuk arung jeram adalah pelampung yang memiliki ukuran pas dengan postur tubuh, mampu menahan benturan terhadap benda keras, sistem pengunci yang tidak mudah lepas, dan yang terpenting memiliki daya apung yang baik sehingga mampu menahan penggunanya untuk tidak tenggelam.

Pelampung dilengkapi dengan sandaran di bagian belakang kepala sehingga mampu menopang bagian kepala ketika hanyut dan bisa melindungi bagian belakang kepala.

4.      Helm

Kriteria helm yang baik adalah kuat, ringan, tahan air, tidak mengganggu pergerakan dan pandangan. Helm yang biasa dipakai untuk arung jeram yaitu terbuat dari bahan plastik dengan busa di bagian dalamnya. Helm plastik bersifat lentur dan tidak mudah pecah sehingga merupakan salah satu peralatan terpenting dalam arung jeram.

5.      Flip line

Tali yang panjangnya kira-kira satu setengah meter hingga dua meter dengan kedua ujungnya disimpul dan dikaitkan dengan karabiner.

Fungsi flip line yaitu, sebagai alat bantu untuk melepaskan perahu yang tersangkut dan alat untuk membalikkan perahu atau membalikkan kembali perahu ke posisi semula.

6.      Dry bag

Alat ini digunakan untuk menyimpan barang-barang yang tidak tahan air seperti makanan, P3K, alat navigasi. Bentuk dan ukurannya bermacam-macam. Biasanya dry bag diikatkan di perahu atau dikaitkan dengan karabiner. Sebaiknya muatan dalam dry bag tidak terlalu banyak agar tidak membebani perahu.

7.      Pompa

Pompa perlu dibawa pada saat pengarungan untuk berjaga-jaga jika udara dalam perahu berkurang, ada dua jenis pompa yaitu pompa tangan dan pompa injak.

8.      Pakaian

Pakaian yang tidak berat saat basah dan memberikan ruang gerak yang leluasa sangat cocok untuk dipergunakan. Usahakan yang berlengan panjang untuk melindingi kulit dari sengatan sinar matahari.

9.      Alas kaki

Melindungi telapak kaki dari kemungkinan lecet atau terluka. Sepatu kanvas atau parasit yang tidak mengganggu saat kita berenang dapat dipergunakan

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close