Sportainment

7 Teknik Pukulan Dasar Dalam Olahraga Tenis Meja

Tenis meja salah satu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Dalam permainan tenis meja, pukulan menjadi salah satu penentu sebuah tim dalam mencetak point.

Tidak sembarangan melakukan pukulan dalam permainan tenis meja. Harus menguasai teknik adalah salah satu syaratnya. Lalu apa saja jenis-jenis teknik pukulan dalam permainan tenis meja beserta pengertiannya?

1.      Teknik pukulan drive

Teknik pukulan drive adalah pukulan dengan ayunan panjang sehingga menghasilkan pukulan yang datar dan keras. Cara melakukannya pukulan drive adalah dengan menggerakan bet kearah depan sambil diikuti dengan putaran badan.

Tujuan dari puklan ini digunakan sebagai pukulan serangan dan dapat di kontrol sesuai dengan keinginan pemain. Dalam tenis meja ada dua macam pukulan drive yaitu forehand drive dan backhand drive.

2.      Teknik pukulan chop

Chop merupakan pukulan backspin yang diperuntukan untuk dalam posisi bertahan. Dalam melakukan teknik pukulan chop, posisi bet harus dalam keadaan terbuka. Caranya dengan menggerakkan bet ke depan condong ke bawah.

3.      Teknik pukulan push

Teknik ini dapat menjaga agar bola tenis meja tidak melambung terlalu tinggi dari net, untuk dapat melakukan pukulan push ini Anda harus memperhatikan posisi bet sedikit terbuka, dengan menggerakan bet ke depan dan sedikit ke arah bawah. Ada dua jenis pukulan push yaitu forehand push dan backhand push.

4.      Teknik pukulan spin

Dalam memukul dengan teknik ini, posisi bet agak sedikit dimiringkan. Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis spin yaitu topspin, backspin dan sidespin.

5.      Teknik pukulan lob

Teknik memukul bola lambung ke arah lawan yang dilakukan agar lawan sulit mengembalikan bola tenis meja ke arah pertahanan.

6.      Teknik pukulan smash

Teknik pukulan bola tenis meja yang dilakukan secara keras dan tajam untuk mematikan lawan.

7.      Teknik pukulan blok

Teknik yang terakhir ini adalah teknik yang paling mudah dan simple untuk mengembalikan pukulan yang keras. Teknik ini dilakukan setelah bola memantul dari meja. Tujuannya adalah agar membuat lawan tidak dapat melancarkan serangan dengan cepat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close