Sportainment

7 Manfaat Olahraga Tali Skipping Bagi Tubuh

Skipping atau lompat tali adalah olahraga yang seru dan menantang. Selain cukup mudah dilakukan, peralatan yang dibutuhkan tidak mahal dan olahraga ini umumnya bisa dipraktikkan di mana saja. Mengetahui manfaat skipping, sangatlah penting.

Manfaat skipping pun tidak sedikit, baik dari segi kebugaran fisik maupun ketajaman pikiran. Namun Anda tentu harus melakukannya dengan benar. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Bila dilakukan dengan cara yang tepat, olahraga tali skipping mampu memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat skipping tersebut?

1.      Meningkatkan stamina

Karena termasuk olahraga kardio, manfaat skipping yang paling cepat terasa adalah kebugaran dan stamina Anda yang membaik. Manfaat skipping ini didapatkan dari meningkatkan ketahanan jantung berkat skipping

2.      Efektif membakar kalori

Manfaat olahraga tali skipping yang luar biasa adalah mampu membakar kalori dan lemak pada tubuh. Pada sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa skipping membantu meningkatkan Body Mass Index (BMI) atau Indeks Massa Tubuh.

Melakukan skipping selama 10 menit dengan intensitas tinggi dapat dianggap setara dengan berlari 8 menit dan dapat membakar hampir 1.200 kalori dalam satu jam.

Mulailah dengan sesi pendek skipping 2-3 menit setiap harinya. Kemudian tingkatkan durasi dan intensitas untuk latihan selanjutnya.

3.      Membentuk tubuh

Skipping yang dilakukan secara rutin dapat menjadikan otot tubuh terbentuk. Otot bagian kaki akan semakin kencang, namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga menambah keindahan pada kaki.

Otot pada lengan juga akan terbentuk karena skipping. Manfaat ini didapat karena tangan kerap bergerak dan menjadi poros saat tali berputar.

4.      Menyehatkan kardiovaskular

Hanya dengan melakukan skipping, denyut jantung kamu juga akan bekerja dengan baik. Dengan begitu, sistem kardiovaskular pun akan lebih bagus dan buat aliran darah lebih lancar ke seluruh tubuh. Menjaga jantung bekerja dengan baik akan mencegah dari beberapa penyakit mematikan, seperti jantung, hipertensi, dan gula darah berlebih.

5.      Meningkatkan kepadatan tulang

Salah olahraga terbaik untuk meningkatkan kepadatan tulang adalah dengan melompat. Manfaat skipping bisa didapatkan jika tulang Anda memiliki kondisi yang cukup kuat. Akan tetapi jika Anda memiliki riwayat patah tulang atau riwayat osteoporosis, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan hal ini.

6.      Meningkatkan keseimbangan tubuh

Lompat tali adalah olahraga yang menuntut Anda untuk mengatur koordinasi dan keseimbangan tubuh dengan baik. Jika Anda rutin melakukannya, manfaat skipping yang bisa didapatkan adalah memberi keseimbangan dan koordinasi tubuh yang lebih baik.

7.      Mengurangi cedera kaki

Banyak atlet olahraga yang mendapatkan menu skipping setiap sesi latihannya. Bukan tanpa alasan, skipping akan mengurangi cedera kaki, khususnya untuk atlet sepak bola, bola basket, dan juga tenis. Dengan koordinasi kaki yang baik, kamu akan mampu menghindari salah melangkah saat berolahraga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close