Sportainment

7 Aksesoris Wajib Peserta Pencak Silat dalam Pertandingan

Pencak silat merupakan salah satu seni bela diri dari Indonesia. Sama seperti seni bela diri lainnya, dalam pencak silat juga terdapat perlengkapan dasar yang harus ada, terutama dalam pertandingan. Perlengkapan bela diri ini untuk menunjang proses berlangsungnya pertandingan.

Dalam pertandingan pencak silat peserta harus mengikuti peraturan serta perlengkapan yang telah ditentukan dalam sebuah permainan. Berikut ini aksesoris yang wajib ada dalam pertandingan pencak silat.

1.      Seragam pencak silat

Seragam dalam pencak silat merupakan peralatan yang hukumnya wajib bagi setiap pesilat. Untuk pemaian yang tidak memakai seragam seperti dasarnya, maka bisa menjadi peluan untuk terkena pelanggaran berupa diskualifikasi.

Atlet pencak silat juga harus mengenakan sabuk sesuai dengan tingkatan yang diperoleh. Serata seragam yang terdiri atasa baju dan celana silat. Pada baju seragam pesilat memiliki badge IPSI di area dada bagian kiri.

2.      Samsak

Samsak adalah alat yang digunakan untuk latihan ketika tae kwon do atau bisa juga digunakan olah raga tinju. Di benua Eropa lebih dikenal dengan sebutan Punching Bag. Bahan yang digunakan bisa berasal dari kain kanvas dengan dilapisi bahan vynil, panjangnya sekitar 80 cm sampai 125 cm dengan diameter 30 cm. Anda juga harus memperhatikan dari segi kualitas, karena untuk keselamatan saat berlatih.

3.      Body protector

Body protector adalah pelindung tubuh dari bahaya temperatur panas ataupun dingin yang ekstrim serta untuk melindungi ketika terkena benturan saat latihan atau bertanding. Alat ini juga penting digunakan saat latihan atau bertanding karena untuk menjaga tubuh Anda agar tidak terluka.

Bahan dari body protector terbuat dari bahan oscar yang dilapisi dengan spon dan di dalamnya terdapat selang yang lentur sehingga lebih aman ketika digunakan baik untuk pemula maupun dewasa.

4.      Genital protector

Genital protector merupakan alat pelindung kelamin yang digunakan untuk melindungi kelamin dari gangguan cedera yang digunakan hampir di setiap cabang olahraga.

5.      Footwear protection

Footwear protection adalah alat yang digunakan saat melakukan seni beladiri yang berfungsi untuk melindungi kaki dari benturan, tergelincir atau terjatuh saat bertanding. Alat ini sangat penting Anda gunakan demi keselamatan kaki terutama dibagian tulang kering.

6.      Skin decker

Alat pelindung tulang kering atau skin decker digunakan untuk melindungi tulang kering dari ancaman bahaya seperti cedera patah dan keretakan tulang lainnya.

7.      Matras

Matras pencak silat adalah alas yang dipakai dalam perlombaan pencak silat yang terbuat darai bahan busa. Alat perlengkapan pencak silat matras ini sangat diperlukan dalam pertandingan pencak silat. Fungsi dari matras dalam pertandingan pencak silat, menjadi alat yang wajib ada dalam liga pencak silat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close