Sportainment

6 Tips Mendaki Gunung untuk Perempuan Pendaki Pemula

Bagi Anda para perempuan yang hobi traveling, atau suka kegiatan menantang dan memacu adrenalin, termasuk bahkan para pencari keheningan, Anda bisa mencoba untuk mencoba salah satu olahraga gunung seperti mendaki gunung.

Mendaki gunung tidak menyeramkan seperti yang dibayangkan. Selama Anda memilih ketinggian gunung yang sesuai dengan kemampuan Anda sebagai pemula (di bawah 3000 mdpl), waktu perjalanan yang tidak mepet, serta persiapan yang matang.

Berikut ini ada beberapa tips untuk para perempuan pendaki pemula. Simak ulasannya di bawah ini.

1.      Latihan fisik

Latihan fisik menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan sebelum mendaki gunung, tak terkecuali para pendaki wanita. Hal ini dilakukan supaya tidak gampang Lelah saat naik gunung. Karena, saat naik gunung membutuhkan persiapan yang matang. Mulai dari Latihan fisik, alatnya, pengetahuan tentang gunung, serta perbekalannya.

2.      Pilih gunung yang tidak terlalu tinggi

Untuk Anda yang baru naik gunung, pilihlah gunung dengan jalur pendakian yang santai atau tidak terlalu ekstrem untuk pemula. Gunung dengan ketinggian 1000-2000 mdpl dengan jalur ringan bisa jadi pilihan. 

3.      Mendaki secara berkelompok

Tips berikutnya yang tidak kalah penting, khusunya bagi para pendaki pemula adalah mendaki secara berkelompok. Apalagi, dalam kelompok pendakian ada satu mentor yang menemani perjalanan Anda saat menuju puncak.

4.      Pastikan membawa peralatan yang lengkap

Buat pendaki pemula pasti bingung barang apa saja yang perlu dibawa. Peralatan mendaki dibagi menjadi dua yaitu peralatan pribadi dan kelompok. Peralatan pribadi biasanya baju ganti, tisu basah, pembersih wajah, sleeping bag, matras, camilan kesukaanmu, serta obat pribadi. Sedangkan peralatan kelompok itu yaitu tenda, alat masak, logistik, dan sebagainya.

5.      Menggunakan pakaian yang nyaman

Memilih pakaian yang nyaman ketika mendaki gunung merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat namun tetap memberikan kenyamanan dan ruang gerak yang cukup

Hal ini dikarenakan saat mendaki gunung membutuhkan gerakan yang cukup banyak dengan intensitasnya yang tinggi, jadi pemilihan pakaian khusunya pakaian dalam juga berpengaruh. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat karena dikhawatirkan tidak bisa leluasa saat mendaki.

6.      Membawa obat pribadi

Membawa obat-obatan pribadi tentu menjadi bagian yang tidak boleh dilupakan. Mulai dari obat-obatan untuk pertolongan pertama hingga pereda rasa sakit terutama saat datang bulan adalah hal yang wajib.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close