MultisportSportainment

6 Tips Latihan Dasar Tinju untuk Pemula

Kuat dan berotot bukan berarti Anda bakal jadi jagoan di ring tinju. Tidak sama sekali. Tinju lebih dari sekadar kekuatan dan otot besar. Dalam olahraga ini, teknik dasar yang baik jauh lebih penting dibandingkan kekuatan. Soalnya, kekuatan pukulan bukan berasal dari otot lengan. Namun dari kuda-kuda, pijakan kaki, puntiran bahu, dan lain sebagainya.

Jadi, kalau Anda ingin menekuni olahraga ini, mulailah dari teknik dasarnya. Latihan dengan disiplin sampai teknik Anda benar-benar sempurna. Setelah Anda menguasai semua tekniknya, baru melatih kekuatan. Berikut ini ada beberapa tips tinju untuk pemula. Simak ulasan di bawah ini.

1.      Pasang kuda-kuda yang benar

Baik ketika berlatih memukul samsak tinju atau sparing, selalu pasang kuda-kuda yang benar. Kuda-kuda yang tepat akan menghasilkan pukulan yang lebih kuat dan pertahanan yang lebih mantap. Namun, sebenarnya tidak ada satu kuda-kuda yang sempurna.

Boxing stance yang sempurna adalah kuda-kuda yang memaksimalkan kekuatan Anda, sekaligus meminimalkan kelemahan Anda. Kuda-kuda yang baik adalah kuda-kuda yang cocok dengan gaya bertinju Anda. Selain itu, kuda-kuda juga memberikan keseimbangan, fleksibilitas, dan mobilitas yang lebih baik.

2.      Tangan di atas, siku rendah

Kalau gerakan Anda tidak selincah Naseem Hamed atau Muhammad Ali, jangan pernah menjatuhkan tangan Anda. Pasang tangan Anda di atas dan pertahankan agar siku tetap rendah dan dekat dengan badan Anda. Dengan begitu, Anda bisa melindungi kepala dan badan sekaligus dari serangan lawan. Pasang selalu kuda-kuda ini, bahkan ketika Anda berlatih dengan samsak atau punching bag. Jaga juga agar dagu Anda tetap rendah.

3.      Melatih teknik pernapasan

Teknik bernapas yang baik akan memberikan energi ke seluruh gerakan Anda. Gerakan yang dalam dan lambat, membutuhkan napas yang perlahan dan dalam. Sebaliknya, gerakan yang cepat membutuhkan cara bernapas yang cepat pula. Mempelajari teknik bernapas untuk tinju membutuhkan berbagai jenis latihan pernapasan, bukan hanya satu saja.

Jangan tahan nafas Anda ketika bertinju, dan jangan lupa untuk menghembuskan napas ketika melayangkan pukulan. Teknik bernapas yang benar bisa membuat stamina lebih panjang. Plus, Anda bisa menerima dan menahan pukulan lawan dengan lebih baik.

4.      Pukulan ringan yang tajam

Salah satu kesalahan petinju pemula yang paling umum adalah kecenderungan mereka untuk melancarkan pukulan keras dan haymaker. Selain itu, mereka kebanyakan hanya menggunakan tenaga dari lengan dan bahu. Padahal, pukulan yang baik itu dilepaskan dari seluruh tubuh. Tenaga dialirkan dari pijakan kaki, lutut, pinggang, punggung, menjalar ke bahu, baru kemudian diledakkan oleh kepalan tangan.

5.      Terus lakukan pukulan

Baik berlatih tanding dengan lawan atau hanya latihan dengan samsak, Anda harus terus melayangkan pukulan. Semakin sering melayangkan pukulan, semakin kuat otot dan stamina Anda. Cepat atau lambat, Anda bisa melancarkan lebih banyak pukulan. Ketika berlatih tanding, jangan hanya fokus pada kepala lawan. Layangkan juga tinju Anda ke badannya.

6.      Melatih footwork

Footwork yang baik sangat penting bagi serangan dan pertahanan Anda. Teknik footwork sama pentingnya dengan teknik pukulan. Ketika berlatih dengan samsak atau latih tanding, ingat untuk terus bergerak. Namun, jangan lupa untuk terus mempertahankan kuda-kuda yang baik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close