Sportainment

6 Perlengkapan Wajib yang Harus Dibawa Saat Camping

Camping bersama teman atau keluarga bisa menjadi alternatif kegiatan yang bisa Anda lakukan di akhir pekan. Tapi sebelum melakukan itu, ketahui dulu barang apa yang wajib dibawa saat camping .

Gunung, pantai, ataupun area perkemahan bisa menjadi tempat untuk Anda camping. Namun jangan lupa untuk membuat daftar barang-barang apa saja yang perlu Anda bawa saat . Berikut perlengkapan camping yang harus Anda bawa saat berkemah.

1.      Tas carrier

Memilih ukuran tas carrier harusnya disesuaikan dengan durasi perjalanan. Namun hal ini juga tergantung bagaimana Anda menyusun perlengkapan camping di dalam tas dengan benar. Salah-salah, punggung Anda malah bisa sakit.

Tas juga harus disesuaikan dengan jenis kelamin. Tas carrier untuk perempuan berbeda dengan tas untuk laki-laki. Hal ini karena perempuan memiliki ukuran punggung yang lebih pendek dan bentuk tubuh bagian dada dan pinggul yang berbeda.

2.      Tenda

Tenda yang biasa digunakan buat camping adalah tenda dome. Tenda ini mudah didirikan dengan ruang yang cukup lega. Tenda dome ini terbuat dari parasut nylon sebagai flysheet dan frame fiber sebagai tiang penyangganya. Tenda ini biasanya dilengkapi lapisan luar dari bahan yang sama dan tentunya tahan air. Besar tenda pun macam-macam, sesuai jumlah orang yang bisa menempatinya.

3.      Kantong tidur

Ada 2 desain kantong tidur yang bisa menjadi pilihan Anda untuk camping, yaitu tipe selimut dan tipe mummy.

Tipe selimut berbentuk persegi empat memiliki resleting yang bisa dibuka lebar seperti sebuah tikar atau selimut. Kekurangan dari tipe ini adalah banyaknya ruang kosong, sehingga kurang hangat pada bagian kaki.

Sedangkan desain tipe mummy mengikuti alur tubuh, mengecil di bagian kaki dan memiliki resleting di pinggir. Tipe ini sengaja dibuat pas dengan bentuk tubuh sehingga ruang kosongnya sedikit dan jauh lebih hangat. Tipe mummy lebih banyak digunakan saat camping di gunung.

4.      Alat masak camping

Anda bisa memilih salah satu dari dua jenis alat masak portable yang ada, nesting ataupun trangia. Yang membedakan dari kedua alat masak ini hanyalah bahan bakarnya.

Nesting menggunakan kompor dengan gas mini hi-cook. sedangkan dengan trangia, Anda harus menggunakan spirtus. Berbagai ukuran alat masak ini juga Anda gunakan sesuai kebutuhan.

5.      Matras

Matras gulung adalah jenis matras yang paling umum digunakan saat
camping. Selain sebagai alas di dalam tenda, matras ini juga berfungsi untuk membuat susunan barang di dalam carrier menjadi seimbang.

Jika ingin camping tanpa memakan ruang di tas, gunakanlah matras lipat. Jenis matras ini cenderung lebih hangat karena terbuat dari alumunium foil.

6.      Peralatan darurat

Selain itu ada beberapa barang lain yang wajib Anda bawa, seperti lampu badai dan headlamp untuk penerangan. Jangan pernah melupakan jaket dan jas hujan, kedua benda ini sangat berguna melindungi Anda saat hujan dan menghangatkan Anda.

Peralatan kecil tapi penting seperti korek api, pisau lipat dan kompas juga tidak boleh Anda lupakan. Begitu pula dengan alat medis P3K untuk antisipasi kecelakaan kecil yang mungkin terjadi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close