Sportainment

6 Perlengkapan Penting Saat Melakukan Olahraga Muay Thai

Muay Thai adalah salah satu jenis olahraga bela diri yang berasal dari negara Thailand. Muay Thai merupakan salah satu olahraga keras yang tidak semua orang dapat melakukannya tanpa mengikuti tahapan-tahapan yang baik dan benar.

Tahap Awal yang akan Anda lakukan adalah dengan melakukan beberapa gerakan pukulan lalu dilanjutkan dengan pukulan kaki. Maka latihan Muay Thai Anda menjadi lebih mudah dari awal mula Anda memulainya.

Untuk Anda yang ingin melakukan olahraga Muay Thai, Anda diharuskan menyiapkan beberapa peralatan yang digunakan. Agar dapat menunjang proses latihan Anda menjadi berhasil. Lalu perlengkapan muay thai yang dibutuhkan saat latihan?

1.      Samsak

Samsak biasa digunakan untuk para petinju sebagai sasaran pengganti target lawan kita. Muay Thai juga menggunakan samsak untuk melatih pukulan serta tendangan kita. Ukuran samsak pun beragam, mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.

2.      Punch mitt

Kegunaan punch mitt ini mungkin fungsinya hampir sama dengan samsak. Namun perbedaanna yaitu punch mitt sarung tangan yang biasanya digunakan pelatih Muay Thai untuk menerima pukulan yang dilancarkan oleh lawannya. Bentuk punch mitt terdapat bantalan busa yang dapat dijadikan sebagai target sasaran.

3.      Tali skiping

Dalam olahraga Muay Thai, untuk melatih stamina dan kekuatan otot kaki wajib memiliki tali skipping. Nah, oleh karena itu, pilihlah tali yang panjang sesuai dengan tubuh kamu dan pilih tali yang memiliki berat. Tetapi, kalau tali skipping enggak ada, kamu juga bisa menggunakan ban besar untuk melatih kekuatan otot kaki mu.

4.      Head guard

Ini adalah pelindung kepala yang berbentuk seperti helm yang berfungsi untuk melindungi kepala saat bertanding. Namun untuk pertandingan professional head guard enggak dipakai, tetapi saat latihan ini sangat penting dan wajib dipakai supaya bisa meningkatkan keamanan dan mengurangi resiko cidera.

5.      Hand wrap

Tali panjang ini tidak biasa, karena digunakan dengan cara dililitkan dipergelangan tangan. Fungsi dari alat ini untuk melindungi tangan Anda serta menghindari adanya pergeseran tulang pada saat Anda memukul.

6.      Sarung tinju

Setelah Anda menggunakan hand wrap maka pastikalah Anda menggunakan sarung tinju pada saat melakukan aktifitas Muay Thai. Sarung tinju memiliki 2 macam, yaitu sarung tinju untuk bertanding dan sarung tinju samsak.

Perbedaannya terdapat pada ketebalan sarung tinju agar Anda dapat memukul lebih cepat dan pemanasan menjadi lebih efektif sedangkan untuk sarung tinju bertanding cenderung lebih tebal dan juga besar. Berguna untuk melindungi tangan Anda dari benturan lawan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close