MultisportSportainment

6 Cara Merawat Pakaian Beladiri Karate Agar Tetap Nyaman Dipakai

Mungkin diantara Anda ada yang memiliki baju beladiri berkualitas tinggi seperti Shureido New Wav II atau Hiroka Kata Gi dan Venum Diaz. Apapun merek pakaian Anda, kenyamanan dan efektifitas berlatih tidak luput dari pakaian yang Anda gunakan. Harga memang tidak menipu, pakaian beladiri karate yang disebut diatas terkenal akan kualitas dan durabilitasnya yang membawa mereka meraih prestasi Internasional.

Jika Anda memiliki pakaian karate tersebut, atau setidaknya jika Anda memiliki pakaian karate yang sering Anda pakai untuk berlatih dan ingin Anda gunakan dalam waktu lama. Sebaiknya Anda simak cara merawat pakaian karate berikut ini:

1.      Cuci pakaian karate secara berkala

Berkala disini idealnya adalah dicuci setiap Anda gunakan atau setidaknya maksimal setiap 2 atau 3 kali Anda gunakan.

Hal ini bukan saja bicara masalah higienitas, kebersihan ataupun supaya membuat partner berlatih Anda lebih nyaman. Namun dengan melakukan hal diatas maka akan menjaga pakaian Anda dari debu, kotoran atau warna kuning yang disebabkan keringat yang kering dan mencegah pakaian karate Anda dari jamur.

2.      Gunakan deterjen yang lembut

Untuk pakaian karate yang kotor dikarenakan darah misalnya, sebaiknya jangan menggunakan mesin cuci Anda bisa bisa mencucinya dengan cara dikucek menggunakan tangan ditambah sedikit detergen. Untuk noda yang susah dihilangkan, rendam beberapa jam pada air hangat kemudian cuci seperti biasa.

3.      Jangan gunakan pemutih

Kotornya pakaian beladiri karate Anda karena darah, tanah, dan noda lainnya dapat hilang dengan mudah tanpa menggunakan pemutih jika dicuci secara teratur daripada kotornya pakaian dibiarkan dalam waktu yang lama.

4.      Cuci secara terpisah

Sangat dianjurkan agar mencuci pakaian karate Anda tidak digabungkan dengan pakaian lainnya. Hal ini untuk mencegah kelunturan pakaian lain yang dapat mewarnai pakaian karate Anda.

5.      Jangan gunakan mesin pengering

Sudah dijelaskan di beberapa label merek dari produsen pakaian karate ternama yaitu “DO NOT USE COMMERCIAL DRYERS”. Hal ini diartikan bahwa pakaian tidak boleh dikeringkan menggunakan mesin pengering berputar. Karena selain dapat menyebabkan baju menyusut maka akan mengakibatkan baju rusak. Keringkanlah dengan cara menjemurnya namun tidak terkena sinar matahari langsung.

6.      Setrika dengan hati-hati

Pakaian beladiri yang berkualitas tinggi pada dasarnya dapat menggunakan teknik “body iron” yaitu dengan cara melakukan pemanasan pada sesi latihan maka panas tubuh dan keringat akan melakukan “self iron” atau menyetrika dengan sendirinya. Namun banyak orang lebih memilih untuk menyetrikanya meskipun tidak dianjurkan oleh produsen baju tersebut. Salah satu trik yang dapat dilakukan adalah dengan mengkondisikan dengan cara merapihkan pakaian ketika masih basah untuk kemudian dijemurnya menjemurnya.

Nah, itulah beberapa tips merawat pakaian beladiri kesayangan Anda. Jika Anda belum memiliki pakaian beladiri atau aksesoris pendukung lainnya, kebetulan di Shopee lagi ada Promo 12.12 Big Sale. Sebelum promonya terlewatkan, ayo segera kunjungi aplikasi Shopee, pilih bahan makanan anak yang diinginkan, dan serbu promonya sekarang juga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close