MultisportSportainment

6 Alat Masak Camping yang Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Saat Anda memutuskan untuk mendaki gunung, banyak hal yang harus dipersiapkan. Seperti fisik yang baik, perbekalan, dan perlengkapan. Dari sekian banyak perlengkapan, salah satu yang wajib dibawa adalah alat masak camping.

Perlengkapan masak saat mendaki jelas berbeda dengan perlengkapan masak di dapur. Peralatan memasak di dapur umumnya berukuran besar dan berat sehingga sangat tidak mungkin untuk dibawa.

Oleh karena itu, ada beberapa alat masak camping yang memang sudah dirancang khusus untuk keperluan luar ruangan. Berikut ini beberapa perlengkapan masak saat mendaki gunung yang perlu dibawa:

1.      Kompor lapangan

Kompor lapangan merupakan sebuah kompor kecil yang bisa dengan mudah dibawa ke mana-mana. Sangat cocok dibawa mendaki gunung. Selain mudah dibawa, menggunakannya juga sangat sederhana. Anda hanya perlu menggunakan gas kaleng untuk menyalakannya, tidak perlu memerlukan tabung gas.

2.      Gas kaleng

Gas kaleng adalah bagian dari kompor lapangan yang tak terpisahkan. Tanpa gas kaleng, kompor lapangan mungkin tidak akan berguna. Meskipun fungsinya cukup penting, sebenarnya penggunaan gas kaleng cukup boros. Satu kaleng hanya bisa digunakan untuk beberapa kali masak saja.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, Anda perlu belajar memasak menggunakan cara tradisional, yaitu kayu bakar. Dengan kayu bakar dan peralatan seadanya, memasak di gunung jadi lebih murah dan efisien.

3.      Cooking set atau nesting

Cooking set ini terdiri dari wajan teflon, panci, mangkuk, dan spatula yang digunakan untuk memasak sayur atau nasi di atas gunung. Sebelum adanya cooking set, sebenarnya para pendaki lebih suka menggunakan nesting. Tapi sekarang cooking set lebih populer di kalangan para pendaki, meskipun nesting masih banyak yang menggunakan.

4.      Pisau dan sendok lipat

Dengan bawaan yang banyak dan beragam, dibutuhkan alat-alat sederhana dan mudah dibawa. Salah satu perlengkapan masak saat mendaki yang perlu dibawa adalah pisau dan sendok lipat. Apalagi di gunung dengan kondisi tidak menentu, diperlukan beberapa jenis pisau dalam satu pegangan praktis.

5.      Piring dan cangkir

Piring yang dibawa adalah piring anti pecah, seperti plastik, silikon atau sejenisnya. Jangan membawa piring kaca yang biasa digunakan di rumah karena akan sangat berbahaya. Selain lebih ringan, piring plastik juga gampang dibersihkan sehingga cocok dibawa untuk mendaki gunung.

6.      Trangia

Dengan membawa trangia, Anda tidak perlu lagi membawa panci, piring atau kompor lapangan. Alat ini merupakan salah satu alat baru yang sedang ramai digunakan para pendaki. Alat ini terdiri dari 3 buah panci, sebuah penggorengan, dan sebuah kompor berbahan spirtus beserta penahan anginnya. Beberapa fungsi penting alat ini adalah untuk memasak nasi, menggoreng, dan merebus. Jadi, sangat multifungsi dan bermanfaat.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close