Sportainment

6 Aksesoris Olahraga yang Memiliki Fungsi Penting

Olahraga ataupun gym sekarang sudah merupakan sebuah gaya hidup masyarakat perkotaan. Gym, merupakan tempat dimana banyak orang yang sedang berolahraga.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat berbagai macam model pakaian yang mereka gunakan. Setiap harinya selalu ada tren baru dari setiap pakaian olahraga mulai dari legging, celana pendek, sepatu hingga jaket.

Tidak sedikit orang yang berolahraga menggunakan aksesoris pelengkap. Apa saja aksesoris olahraga itu? Berikut penjelasannya.

1.      Wristband

Meskipun aksesoris ini identik dengan fashion di tahun 80-an, headbands atau wristbands memiliki manfaat penting saat berolahraga.

Wristband berguna untuk menghapus keringat di wajah Anda, sementara headbands berguna untuk menghindari agar keringat dari kepala tidak masuk ke dalam mata.

Bila berencana melakukan olahraga yang menghasilkan banyak keringat, kedua aksesoris ini sangat baik digunakan dibandingkan untuk membawa handuk kecil.

2.      Sabuk angkat beban

Pernah melihat seseorang menggunakan sabuk di pinggang saat berolahraga? Orang yang melakukan olahraga berat seperti angkat beban memang disarankan menggunakan sabuk tersebut.

Fungsinya untuk melindungi bagian pinggang dan menghindari terjadinya cedera tulang belakang. Selain itu juga untuk membantu otot perut agar kuat untuk menahan dan mengangkat beban berat.

3.      Hand wrap

Bila Anda memasuki pusat latihan body combat mungkin Anda akan melihat banyak atlet yang membungkus tangan mereka dengan kain seperti perban.

Atlet tinju sering menggunakannya sebelum masuk ke dalam ringHand wraps dapat berguna untuk melindungi tangan Anda dari cedera akibat memukul atau saat terjadi benturan keras pada tangan.

4.      Sarung tangan

Menggenggam berbagai peralatan olahraga atau menggunakan kepalan tangan untuk berolahraga akan membuat tangan Anda kapalan.

Untuk menghindari hal tersebut ada berbagai macam sarung tangan yang dirancang untuk melindungi tangan Anda.

5.      Shooting arm sleeve

Banyak pemain NBA yang sekarang ini menggunakan shooting arm sleeve. Alasannya, dapat membantu para pemain basket tersebut untuk lebih mudah bergerak dalam menembak bola. Hal itu bukan tanpa alasan, karena arm sleeve berfungsi menjaga kehangatan otot dan mencegah terjadinya luka robek, sehingga pemain lebih leluasa dalam melakukan pergerakan.

6.      Leg sleeve

Fungsi penggunaan leg sleeve atau leg pad hampir sama dengan arm sleeve, terutama dalam membantu pergerakan kaki agar lebih leluasa. Karena saat menggunakan leg sleeve maka Anda akan merasakan bahwa benda tersebut dapat menghangatkan otot, menyerap dan mengeringkan keringat, membantu menghilangkan rasa sakit dari otot, dan mempercepat pemulihan otot.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close