Basket

5 Tips Mudah Membersihkan dan Merawat Sepatu Basket

Menjaga kebersihan sepatu basket bukan sekedar soal tampilan, tapi juga performanya ketika digunakan. Sepatu yang kotor dapat membuat Anda terpeleset dan tergelincir di lapangan, dan bahkan menyebabkan cedera. Sepatu yang bersih dan kesat dapat membantu Anda dengan memberikan daya cengkeram di lapangan, memaksimalkan setiap step-back shot, dan crossover cepat andalan Anda. Ketika Anda mengetahui cara merawat sepatu basket Anda dengan baik, maka performa Anda di lapangan akan semakin prima.

Ada banyak cara menghilangkan noda di sepatu yang bisa Anda temukan, tetapi ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum membersihkan sepatu basket kesayangan Anda:

1.      Bersihkan sepatu setelah digunakan

Setelah bermain berkeringat di lapangan, lap dulu sepatu Anda. Anda bisa membersihkan debu dan kotoran lainnya yang menempel di badan sepatu menggunakan cairan pembersih
sepatu dan sponge atau kain nylon yang lembut.

Untuk sepatu berbahan kain dan kanvas, jangan gunakan sikat atau alat pembersih bertekstur kasar yang bersifat merusak serat pada sepatu.

2.      Gunakan sikat berbahan lembut

Bagian sol, apalagi sol bawah, pasti terlihat kotor. Tapi jangan berlebihan menggunakan sikat untuk membersihkan bagian bawah. Cukup bersihkan debu dan kotoran yang menempel dengan sikat gigi bekas atau sikat khusus yang bertekstur lembut.

Membersihkan sepatu itu mirip dengan menggosok gigi. Sepatu kulit, seperti Nike Air Jordan, memang kelihatan tangguh, tapi lama-lama akan terkikis juga. Apalagi kalau Anda menggosoknya terlalu keras dan terlalu sering.

3.      Gunakan spons untuk dengan bahan kombinasi

Walaupun tampak sulit, membersihkan sepatu dengan bahan kombinasi, seperti Nike Jordan Horizon, perlu kesabaran tambahan. Biar mudah dan praktis, Anda bisa menggunakan sponge.

Begitu juga dengan sepatu berbahan karet. Kalau lap terlalu lembut dan sikat terlalu keras untuk karet, sponge akan jadi pilihan yang tepat. Anda tentu tidak ingin jika sepatu kesayangan Anda rusak karena salah dalam perawatannya.

4.      Hindari matahari langsung

Setelah mencuci sepatu, Anda hanya perlu mengeringkannya di suhu normal ruangan. Tidak perlu berlebihan menjemurnya di bawah matahari yang terik. Panas matahari berlebihan justru membuat sepatu mudah rusak dan terkelupas kulitnya.

Efek buruk itu juga akan Anda dapatkan kalau mengeringkan sepatu dengan alat pengering. Jadi biarkan sepatu kering secara alami.

5.      Jangan lupakan sol sepatu dalam

Sol dalam sepatu merupakan bagian paling bahaya karena mudah dihinggapi bakteri dan jamur. Jadi Anda tidak boleh kelewatan membersihkan sol dalam ini. Pertama Anda harus keluarkan sol dalam dari sepatu dan bersihkan sol dalam seperti membersihkan badan sepatu.

Buat sepatunya sendiri, lebih baik Anda rendam hanya sampai solnya saja agar warna sepatu tidak luntur. Untuk mengeringkannya, cukup jemur dalam ruangan bersuhu normal. Memasukkan tisu agar airnya terserap juga Anda patut dicoba.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close