Sportainment

5 Tips Merawat dan Mencuci Pakaian Bersepeda Agar Selalu bersih dan Awet

Anda pasti sudah tahu bahwa kualitas jersey sepeda memang ditunjukkan dari harganya. Karena tuntutan aktivitas dengan mobilitas tinggi dan durasi yang panjang, jersey sepeda idealnya memiliki beberapa karakteristik utama yang membuatnya dijamin nyaman saat dikenakan selama Anda mengayuh sepeda Anda di berbagai jenis medan sekalipun.

Meski demikian, Anda juga perlu melakukan perawatan yang tepat agar Anda bisa menjaga kualitas dari jersey sepeda Anda. Salah satunya adalah dengan melakukan cara mencuci pakaian bersepeda yang tepat, termasuk ketika Anda menggunakan mesin cuci sekalipun.

Seperti apa cara mencuci jersey sepeda agar kualitasnya terjaga? Simak 8 tips mencuci jersey sepeda berikut ini.

1.      Cuci secara lembut

Sebenarnya, memilih antara mencuci jersey sepeda dengan mesin cuci atau mencucinya secara manual lebih berkaitan dengan urusan selera. Perbedaannya sebenarnya juga tidak terlalu signifikan, terutama jika Anda mencuci jersey sepeda Anda dalam siklus lembut. Karena karakteristik kain jersey sepeda, terutama jersey yang benar-benar berkualitas cenderung lembut, pengaturan siklus reguler atau yang heavy justru bisa merusak jersey Anda.

2.      Pisahkan pakaian bersepeda dengan pakaian lainnya

Hal  ini mungkin terdengar remeh, tapi jika Anda sepelekan, efeknya bisa sangat merugikan Anda. Bahkan, Anda juga tidak semestinya mencampur semua baju sepeda Anda, dari jersey sampai celana, kaos kaki, dan bahkan sarung tangan, dan mencucinya secara bersamaan. Pisahkan juga jersey sepeda Anda yang berwarna dengan jersey yang berwarna putih. Dengan demikian, Anda bisa mencegah risiko kelunturan atau jersey sepeda yang putih jadi kusam.

3.      Jangan gunakan sabun cuci dengan pewangi

Berbeda dengan ketika Anda mencuci baju lain, seperti kemeja untuk ke kantor atau kaos t-shirt, Anda tidak perlu menggunakan pewangi ketika mencuci jersey sepeda – hal ini juga berlaku untuk deterjen atau sabun cuci dengan kandungan pewangi atau parfum. Bahkan, penggunaan pewangi saat mencuci jersey olahraga pada dasarnya wajib dihindari. Malah, sebaiknya Anda pilih deterjen yang biasa saja, terutama deterjen konsentrat, bukannya deterjen cair.

Selain pewangi pakaian, Anda juga perlu menghindari penggunaan pelembut kain. Pasalnya, pelembut kain juga bisa menyebabkan penumpukan residu pada kain jersey sepeda Anda.

4.      Jangan gunakan pengering

Pengering wajib dihindari ketika Anda mencuci jersey sepeda. Bahkan, penggunaan dryer berbahaya untuk segala jenis jersey olahraga, atau kain high-performance secara umum. Karena itu, begitu jersey sudah dibilas sampai bersih, buang airnya dan langsung gantung sampai jersey kering.

5.      Selalu tutup resleting jersey saat mencuci

Satu lagi hal yang kelihatannya sepele, tapi wajib diperhatikan ketika akan mencuci jersey sepeda, terutama dengan mesin cuci: pastikan bahwa resleting pada jersey sudah ditutup, atau ditarik full sampai ke atas. Mengapa?

Jika resleting jersey sepeda Anda dibiarkan terbuka dan Anda mencucinya di mesin cuci bersama dengan jersey lainnya, resleting yang terbuka tersebut bisa nyangkut di baju-baju lainnya. Bukan hanya nyangkut, kain baju yang tersangkut di resleting tersebut juga bisa robek. Tentu Anda tidak ingin jersey Anda yang mahal dan bagus itu rusak hanya karena keteledoran yang sepele ini bukan?

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close