MultisportSportainment

5 Tips Memilih Spakbor Sepeda Saat Musim Hujan

Salah satu musuh utama dalam bersepeda adalah hujan. Jika musim hujan, Anda bakal tak bisa berolahraga sepeda seleluasa saat cuaca cerah.

Gangguan yang bakal Anda hadapi pada musim hujan tak pelak lagi adalah genangan. Mulai dari air got, tanah, hingga pasir semua bercampur jadi satu dan siap menghantam punggungmu yang tak tahu apa-apa yang bahkan mungkin jadi tumpuan keluarga itu.

Nah, untuk menghindari cipratan itu Anda bisa melengkapi dengan aksesoris sepeda yaitu fender atau spakbor. Memilih spakbor sepeda ternyata tidak sesederhana itu. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli. Simak panduannya berikut ini.

1.      Clip-on atau eyelet

Saat ingin membeli spakbor sepeda, Anda harus melihat apakah sepeda Anda mendukung pemasangannya. Ada tipe spakbor yang menggunakan metode bolt-on atau sekrup di eyelet dekat fork dan sprocket. Tipe spakbor ini tentu memberikan proteksi maksimal karena fender tidak letoy jika terkena guncangan.

Namun, kebanyakan roadbike, MTB, dan sepeda single speed tidak mempunyai eyelet yang bisa dipasangi fender full. Jika sepeda Anda termasuk tipe tersebut, pilih spakbor sepeda yang menggunakan metode clip-on. Biasanya fender ini dipasang di seat post.

2.      Ukuran spakbor sepeda

Setelah tahu spakbor sepeda tipe apa yang Anda cari, tentu saja Anda harus tahu ukurannya. Pedoman dasar atau cara mengukur spakbor sepeda terbaik adalah spakbor harus berukuran setidaknya lebih lebar 8 mm-12 mm daripada ban.

Jadi, jika ban Anda berukuran 32 mm atau 27 inci, Anda bisa memilih spakbor sepeda berukuran 45 mm. Misalnya ban Anda 42 mm, beli fender ukuran 50-52 mm, dan seterusnya.

Alasannya, dengan clearance cukup besar tersebut bakal membebaskan kerikil, ranting, dan serpihan lain yang mungkin terseret oleh ban.

3.      Spakbor untuk ban sepeda depan

Hal yang satu ini agak sulit karena Anda butuh full fender untuk mendapatkan proteksi maksimal di ban depan. Kesulitan pun bertambah jika roadbike Anda tidak punya clearance yang cukup untuk dipasangi spakbor full.

Padahal titik ciprat berada tepat di bagian bawah dekat pedal. Akibatnya, sepatu bakal tetap kotor.

Jadi, jika Anda ingin melindungi sepatu, Anda perlu sedikit bereksperimen mendapatkan spakbor yang tepat. Lebih bagus lagi jika Anda menambahkan mudflap pada fender full yang sudah terpasang di sepeda Anda.

Namun, jika Anda ingin melindungi bidon serta bagian tengah frame, spakbor clip-on sudah cukup mumpuni.

4.      Spakbor sepeda clip-on terbaik

Bagi Anda yang menginginkan kepraktisan, spakbor sepeda clip-on adalah pilihan paling tepat. Jika sedang tidak membutuhkannya, Anda bisa dengan mudah mencopotnya.

Ada dua jenis mudguards clip-on yang tersedia di pasaran. Pertama adalah tipe clamp-on yang biasa dipasang di seatpost. Beberapa merek terkenal yang menyediakan spakbor sepeda terbaik tipe ini antara lain Rockbros, Topeak, dan Velo Orange.

5.      Material spakbor sepeda

Sesuaikan kebutuhan Anda dengan bujet. Ada beberapa tingkatan material spakbor sepeda yang bisa Anda pilih, mulai dari plastik, alloy, hingga baja.

Semakin kuat materialnya, semakin tahan lama pula. Harganya pun tentu lebih mahal. Namun, pilih material alloy yang cukup tahan lama. Lagipula, spakbor alloy dari Velo Orange misalnya, hanya punya selisih harga sedikit dibandingkan spakbor plastik.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close