Sportainment

5 Tips Memilih Sepeda Gunung yang Berkualitas

Bersepeda adalah olahraga yang cukup digemari di Indonesia. Kita bisa memacu sepeda dengan kecepatan rendah jika ingin bersepeda santai atau kecepatan tinggi apabila ingin sedikit berolahraga. Sepeda gunung adalah jenis sepeda yang paling banyak dipakai untuk berolahraga atau bersantai. Sejatinya sepeda gunung dirancang untuk menempuh medan yang berat.

Beragam merk sepeda gunung bisa Anda temukan ketika datang ke showroom sepeda. Namun, bagaimana sebenarnya cara memilih sepeda yang cocok untuk dikendarai? Faktor apa saja yang harus dipertimbangkan ketika membeli sepeda gunung? Simak penjelasan berikut ini.

1.      Kenali jenis sepeda

Mengenal tipe-tipe sepeda sangatlah penting. Dengan mengenalnya, Anda jadi mengerti dan paham sepeda jenis apa yang sesuai dengan keinginan. Mayoritas terbuat dari bahan baja, aluminium, atau serat karbon. Ban sepedanya pun dirancang khusus agar bisa berjalan kuat dan tangguh di medan ekstrim supaya tidak mudah tergelincir.

2.      Pilih hard tail atau full suspension

Sepeda gunung terdiri dari dua jenis yaitu hard tail dan full suspension. Sepeda hard tail tidak memiliki suspension pada belakangnya, namun sangat cocok dipakai di medan berat karena bobotnya lebih ringan. Sedangkan sepeda full suspension selalu memberikan kenyamanan bagi para penggunanya, tapi kurang cocok untuk digunakan di medan yang berat.

3.      Sesuaikan dengan gaya bersepeda

Sepeda gunung mempunyai banyak desain. Untuk memilihnya sebaiknya Anda sesuaikan dengan gaya bersepeda. Sepeda gunung trail dirancang khusus untuk kegiatan offroad dengan medan berbatu dan terjal. Sepeda gunung gravity, sangat pas untuk downhill yang memiliki kecepatan tinggi. Sepeda gunung enduro yang didesain baik untuk medan ekstrem seperti pegunungan namun tetap nyaman jika digunakan pada daerah perkotaan.

4.      Perhatikan komponen, part, dan grupset

Sejatinya tidak mudah membandingkan komponen setiap sepeda gunung. Namun, cara memilih sepeda terbaik adalah menyesuaikan komponen dan part yang memang benar-benar Anda butuhkan. Perlu Anda ingat bahwa pertimbangan dalam memilih sepeda sesuai komponennya juga harus tergantung pada budget yang tersedia.

Pesepeda yang profesional umumnya akan memilih sepeda gunung berdasarkan komponen bergerak seperti rimhubrear derailleur, dan fork.

5.      Beli sepeda merk berkualitas

Tidak bisa dipungkiri bahwa ungkapan ada harga ada barang, benar adanya. Sebisa mungkin usahakan untuk milih sepeda dengan merk berkualitas. Merk sepeda berkualitas membuat Anda mendapatkan sepeda yang terbaik. Beberapa merk sepeda berkualitas di Indonesia diantaranya adalah Wimcycle, Polygon, dan United Bike.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close