Basket

5 Tips Memilih Sepatu Basket untuk Lapangan Indoor Maupun Outdoor

Memilih sepatu basket bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Jenis arena atau lapangan basket menjadi salah satu faktor penting yang sering terlupakan.

Baik arena outdoor atau indoor punya karakter tersendiri yang wajib disesuaikan dengan tipe sepatu. Untuk Anda yang bingung memilih sepatu basket, berikut ini ada beberapa hal yang perlu diingat dalam mencari sepatu basket yang tepat untuk arena indoor dan outdoor.

1.      Jenis karet outsole

Karet outsole biasanya berasal dari material solid rubber atau translucent rubber (karet transparan). Kepadatan material karet menjadi unsur penting yang memengaruhi performa permainan pada masing-masing jenis arena.  Sepatu dengan karet outsole lentur punya daya traksi yang baik pada lapangan indoor, namun pada arena outdoor daya tahannya sungguh buruk.

Untuk bermain basket di arena outdoor, ada baiknya Anda memilih sepatu dengan karet outsole berbentuk kaku dan keras dengan kepadatan lebih tebal. Cara mudah untuk mengetahui informasi karet outsole bisa dilihat pada bagian tag.

2.      pola karet outsole

Sepatu basket yang berdaya tahan lama biasanya memiliki pola karet outsole yang datar dan tebal.  Inilah jenis sepatu basket yang cocok untuk digunakan pada lapangan basket outdoor, mengingat arena outdoor biasanya memiliki tekstur permukaan yang keras dan kasar.

Sedangkan karet outsole berpola agresif dan lancip cocok untuk permainan basket di lapangan kayu (indoor) karena memiliki daya tarik yang lebih baik. Kalau sepatu dengan jenis karet ini Anda kenakan pada lapangan outdoor, pola dan tekstur karet bisa cepat menipis bahkan rusak.

3.      Material sepatu

Material menjadi salah satu faktor yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu basket sesuai jenis lapangannya. Bagian upper sepatu adalah fokus utama, materialnya harus dipastikan berdaya tahan maksimal demi mendukung performa dalam permainan. Biasanya, sepatu yang menggunakan bahan plastik atau synthethic leather memiliki daya tahan lebih kuat. Sepatu berbahan seperti itulah yang cocok untuk dipakai di arena outdoor.

Sedangkan sepatu berbahan baku alami (seperti kulit atau suede), meskipun memiliki tampilan estetis yang bagus, sesungguhnya tidak memiliki daya tahan yang prima. Sepatu basket berbahan kulit atau suede ini bisa Anda kenakan untuk bermain di arena indoor.

4.      Signature shoes

Pada dasarnya, signature shoes diciptakan untuk pemain NBA. Dan mereka hanya akan bermain di lapangan indoor. Tak heran jika para vendor sepatu akan memaksimalkan kualitas sepatu tersebut saat dimainkan di lapangan indoor.

Namun, karena tak semua orang bisa bermain di lapangan indoor, vendor sepatu biasanya membuat versi take down dari signature shoes atau adaptasi dari sepatu tersebut. Itu agar signature shoes juga bisa digunakan di lapangan outdoor.

5.      Ventilasi sepatu

Jika mencari sepatu basket untuk bermain di lapangan outdoor, pilihlah sepatu yang dilengkapi sistem ventilasi yang baik. Saat bermain basket di arena outdoor, suhu udara akan lebih ekstrem daripada di dalam ruangan.

Sepatu dengan sistem ventilasi yang baik akan membuat sirkulasi udara dan suhu dalam sepatu lebih stabil. Nah, dengan begitu, kamu bisa bermain di lapangan outdoor dengan nyaman.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close