Sportainment

5 Tips Memilih Peralatan Bulu Tangkis untuk Menunjang Latihan

Semakin populernya para pebulu tangkis Indonesia membuat banyak orang yang juga ingin menggeluti bulu tangkis. Sebagian besar dari mereka ingin menjejaki langkah-langkah juara dunia seperti Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon.

Selain itu, bulu tangkis juga bukan olahraga yang sulit dimainkan kalau tujuannya hanya untuk mencari keringat. Anda cuma harus membiasakan diri cara memegang raket dan memukul bola. Tapi, jika Anda berniat serius menggelutinya, latihan yang baik jelas dibutuhkan.

Tak hanya latihan, pemilihan peralatan juga menjadi hal penting. Nah, bagi Anda yang berniat ingin serius latihan bulu tangkis, berikut beberapa tips untuk memilih peralatannya.

1. Sepatu Ringan

Karena ini adalah olaraga yang mengandalkan kecepatan dan kelincahan, sepatu yang didesain khusus untuk bulu tangkis memiliki bobot yang ringan. Pemilihan sepatu akan menjadi sangat penting agar pergerakan Anda semakin lincah.

Tak hanya menunjang kecepatan, pemilihan sepatu yang tepat juga bisa mengurangi risiko cedera. Karenanya, pikirkan baik-baik saat memilih sepatu bulu tangkis, jangan hanya tergiur karena harganya yang murah.

2. Pakaian yang Nyaman

Agar bisa bergerak secara bebas saat latihan berlangsung, Anda harus mengenakan pakaian khusus bulu tangkis terbaik. Jangan memilih pakaian yang kesempitan atau kelonggaran. Lalu, pilih dengan bahan yang mampu menyerap keringat.

Untuk celana, pilih yang sesuai ukuran pinggang dan panjang kaki agar tak menghambat pergerakan. Jadi, sebelum memilihnya, Anda harus terlebih dulu mengenai postur tubuh Anda sendiri.

3. Raket yang Tepat

Peralatan terpenting dari bulu tangkis adalah raket. Ini sangat menentukan bagaimana kenyamanan Anda saat latihan. Jangan memilih raket yang sama seperti punya rekan Anda karena tingkat kenyamanannya jelas berbeda.

Anda harus merasakan sendiri kenyamanan hand grip raket agar pas dengan genggaman tangan. Pastikan juga bahwa senarnya tidak mudah putus.

4. Shuttlecock Ringan

Anda juga harus terbiasa dengan shuttlecock originan, bukan KW. Shuttlecock memiliki bobot yang ringan dan stabil saat di udara. Salah satunya adalah shuttlecock buatan Yonex yang memang sudah teruji di berbagai turnamen.

5. Tas

Setelah semua perlengkapan di atas dimiliki, Anda jelas membutuhkan tas khusus bulu tangkis. Fungsinya tentu untuk menyimpan semua peralatan agar tak repot dibawa. 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close