Sportainment

5 Tips Memilih Pakaian Bersepeda yang Tepat

Bersepeda bisa menjadi sebuah aktivitas olahraga yang menyenangkan dan nyaman jika pesepeda menggunakan apparel khusus mulai dari helm, kacamata, pakaian, sarung tangan, short sampai dengan sepatu sepeda.

Salah satu apparel yang  memiliki peranan untuk mempengaruhi kenyamanan saat bersepeda adalah jersey, karena bersepeda dengan memakai pakaian bersepeda yang tepat akan lebih meningkatkan manfaat dari bersepeda. Maka demi kenyamanan, jangan sampai salah memilih jersey, berikut tipsnya:

1.      Perhatikan kualitas bahan

Dikarenakan iklim di Indonesia pilihlah pakaian yang bahan dasarnya berpori atau dry fit, bahan ini dapat menarik keringat tubuh dan menyalurkan langsung ke lapisan terluar jersey sehingga membuat tubuh tetap kering dan nyaman selama bersepeda.

2.      Nyaman saat dipakai

Pada beberapa kondisi, seperti saat Anda ingin menurunkan berat badan ketika bersepeda, mungkin Anda tidak merasa nyaman menggunakan pakaian yang ketat. Sebenarnya baju yang longgar, akan membuat Anda mengayuh lebih kuat, untuk membakar kalori yang lebih banyak. Sehingga ada beberapa jenis dan merk jersey sepeda yang memang merancang pakaian bersepeda yang longgar untuk hal ini, seperti Adidas Response Plures jersey.

3.      Zipper atau ritsleting

Ritsleting penting karena Anda bisa menurunkannya atau menaikkannya untuk mengatur jumlah ventilasi yang tepat, yang dibutuhkan tubuh, baik memanaskan atau mendinginkan. Beberapa pakaian memiliki ritsleting yang hanya sebagian, yang lain memiliki ritsleting panjang penuh. Hal yang terpenting adalah pastikan pakaian yang Anda pilih memiliki ritsleting yang bagus.

4.      Perhatikan bentuk pakaian

Pikirkan juga tentang lengan panjang. Lengan yang lebih panjang bagus untuk suhu yang lebih dingin, atau untuk melindungi tangan dari matahari agar kulit tangan tidak belang.

Bentuk pakaian yang baik, pada ujungnya di bagian bawah dan lengan, harus memiliki bahan yang elastis atau karet yang rapat, untuk menghindari angin masuk ke dalam. Tekanan menembus angin atau melawan angin ketika bersepeda, sedangkan pakaian yang tidak baik akan membuat baju menggembung dan seperti parasut.

5.      Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Ukuran pakaian disarankan adalah yang pas membentuk lekuk tubuh, tidak memiliki ukuran yang terlalu besar atau terlalu sempit. Hal ini berpengaruh dalam hal ergonomi kecepatan dalam bersepeda.S

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close