MultisportSportainment

5 Tips Memilih Matras Olahraga untuk Pemula

Meningkatnya kesadaran akan budaya hidup sehat membuat banyak orang mulai gemar olahraga. Kini olahraga harus menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setidaknya seminggu sekali. Apalagi saat ini olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja termasuk di rumah, asal Anda memiliki matras olahraga.

Dengan memiliki alat olahraga yang satu ini Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga, mulai yoga hingga body workout di rumah. Namun sebelum buru-buru membeli alat olahraga, sebaiknya perhatikan lebih dulu tips memilih matras olahraga yang berkualitas berikut ini.

1.      Pilih yang tidak licin

Matras olahraga yang tepat adalah yang memiliki permukaan tidak licin. Sehingga saat Anda melakukan berbagai gerakan olahraga tidak akan bergeser. Namun kebanyakan alas yang baru memiliki permukaan yang licin.

Agar tidak licin Anda dapat menyiasatinya dengan menaburkan bubuk kapur tulis di atasnya serta bagian-bagian tak tersentuh untuk menghilangkan licinnya.

2.      Pilih yang empuk

Sebagai pemula, untuk menghindari agar tidak cedera saat olahraga. Usahakan memilih yang empuk. Dengan menggunakan bantalan yang empuk selama olahraga akan membantu menguatkan serta membangun persendian. Sehingga nantinya tidak mudah cedera. Hindari memilih bantalan yang tipis karena dapat membuat Anda rawan cedera ketika melakukan kegiatan olahraga seperti yoga atau pilates yang memiliki gerakan jauh lebih kompleks.

3.      Perhatikan ketebalannya

Selanjutnya soal ketebalannya, setiap jenis olahraga membutuhkan tingkat ketebalan yang berbeda. Olahraga yoga membutuhkan bantalan busa yang tipis dan permukaannya tidak licin. Sementara bantalan busa yang lebih tebal lebih cocok untuk jenis olahraga gym yang menuntut gerakan cepat.

4.      Lihat kualitas bahannya

Saat memilih alat olahraga ini, usahakan Anda melihat dengan teliti bahan apa yang digunakan. Anda bisa memilih yang terbuat dari bahan free-pvc. PVC adalah bahan yang memiliki kandungan plastik cukup tinggi sehingga kurang baik untuk kesehatan. Pilihlah bantalan olahraga dengan kandungan karet alami.

5.      Pilih yang ringan

Tipis, licin, dan terakhir Anda harus memilih bantalan olahraga yang ringan. Setidaknya tidak lebih dari 1,5 kg. Anda tentu tidak ingin pundak sakit gara-gara menenteng alat olahraga yang satu ini? Bantalan yang ringan juga mudah dibawa kemana-mana saat kamu harus berada di gym atau mengikuti kelas yoga di luar rumah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Close