MultisportSportainment

5 Tips Memilih Kaki Katak Menurut Jenis dan Fungsi Pemakaiannya

Mungkin bagi sebagian orang, banyak yang belum tahu bahwa sebenarnya kaki katak atau fin banyak banget jenisnya. Mulai dari fin khusus untuk berenang, snorkeling, diving, dan yang lainnya tentu memiliki bentuk yang berbeda. Rata-rata banyak yang mengira bahwa semua fin sama saja. Padahal dua hal ini sangat jauh berbeda tentunya. Anda perlu tahu juga mengapa fin diciptakan berbeda. Berikut tips memilih kaki katak menurut jenis dan fungsinya sesuai aktivitas olahraga Anda.

1.      Full foot fins

Model fin ini terpasang antara bagian belakang dan depan, sehingga bisa langsung dipakai di kaki. Biasanya fin ini dipakai untuk diving atau free dive. Fins ini memiliki saku kaki yang lembut dan fleksibel. Seperti namanya, full foot meliputi seluruh kaki Anda. Fin jenis ini sering dipakai tanpa alas kaki tetapi juga dapat dikenakan dengan thin lycra atau kaus kaki neoprene untuk kenyamanan dan perlindungan tambahan.

Keuntungannya, fin ini tidak memerlukan penggunaan sepatu boots selam neoprene, sehingga Anda dapat membawa barang yang lebih sedikit ketika traveling. Namun, Anda tidak akan mendapatkan ukuran yang tepat, tetapi bahannya yang fleksibel tetap membuat nyaman saat dipakai.

2.      Open heel fins

Open heel fins memiliki kantong kaki yang lebih besar, kaku, dan terbuka di bagian belakang untuk mengakomodasi neoprene dive booties atau drysuit boots. Anda bisa menyesuaikan ukuran karena terdapat strap yang bisa disesuaikan.

Buat Anda yang ingin perlindungan ekstra pada kaki, open heel mungkin cocok untuk Anda karena boots yang Anda pakai bisa melindungi kaki dari luka atau sengatan. Tetapi, Anda perlu merogoh duit yang dalam untuk mendapatkan fins ini karena harganya jauh lebih mahal.

3.      Swimming fins

Perbedaan yang paling jelas antara fins untuk berolahraga, diving, snorkeling, atau body surfing terletak pada panjangnya. Tingkat daya apung air asin yang berbeda dengan air tawar mempengaruhi bentuk fins. Anda tidak memerlukan fins dengan panjang ekstra untuk melakukan latihan biasa di kolam renang.

4.      Fitness fins

Sebenarnya fitness fin sama dengan jenis swimming fin. Pada desain sebelumnya, swimming fin dibuat dengan desain full foot. Sekarang ini fitness fin dibuat serupa dengan open toe fin.Perbedaannya tentu terletak pada lebar siripnya. Buat Anda yang ingin meningkatkan otot pada kaki dan bergerak lebih cepat di air, fitness fin akan menjadi pilihan yang tepat.

5.      Scuba fins

Kaki katak untuk selam scuba adalah yang paling berbeda karena dibutuhkan fin yang panjang untuk eksplorasi laut dalam. Tidak seperti bodyboarding, bodysurfing, atau pelatihan berenang, fokus scuba diving adalah konsistensi dari tendangan yang lambat dan panjang.

Sebenarnya scuba fins sama dengan jenis open heel fins atau full foot fins, hanya saja Anda perlu memastikan panjang sirip sesuai dengan arus atau kedalaman air. Fin yang dibutuhkan justru jenis fin dengan dorongan yang kuat untuk bergerak dengan tenaga minimal di dalam air.

Nah, itulah beberapa jenis kaki katak dan cara memilih sesuai fungsinya. Jika Anda memiliki hobi snorkeling, namun belum memiliki kaki katak dan aksesoris pendukung lainnya, kebetulan di Shopee lagi ada Promo 12.12 Big Sale. Sebelum promonya terlewatkan, ayo segera kunjungi aplikasi Shopee, pilih produk yang diinginkan, dan serbu promonya sekarang juga.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close