Sportainment

5 Tips Memilih Kacamata Renang Terbaik

Kacamata renang adalah salah satu peralatan renang yang penting selain pakaian renang dan topi renang, yang wajib digunakan oleh perenang, termasuk perenang pemula. Kacamata ini digunakan untuk melindungi mata Anda saat berenang. Air kolam banyak mengandung klorin yang tidak baik untuk mata. Selain itu juga dapat membantu meningkatkan posisi tubuh dan orientasi bawah air.

Mengingat banyaknya fitur, desain dan peralatan renang satu ini tersedia di toko olahraga, memilih model kacamata yang tepat dapat membuat Anda bingung. Anda perlu mempertimbangkan banyak aspek seperti kenyamanan, kecocokan , perlindungan UV, warna lensa, dan apakah kacamata renang itu memiliki anti-kabut, anti gores. Untuk itu, simak 5 tips yang bisa Anda ikuti sebelum membeli kacamata renang.

1.      Pilih lensa kacamata sesuai kebutuhan

Lensa kacamata ini biasanya terbagi kedalam dua macam, yaitu lensa yang berwarna gelap dan terang. Jika Anda hobi renang di lautan atau kolam renang dengan matahari yang terik, lebih baik kamu pilih lensa yang gelap.

Setelah Anda selesai menggunakan kacamata khusus ini, sebaiknya diamkan sampai kacamata kamu kering. Hindari membersihkan dengan cara di lap bagian lensanya, karena hal tersebut dapat membuat lapisan UV filter dan anti kabut pada kacamata Anda tergores bahkan rusak.

2.      Perhatikan tali kacamata renang

Pastikan tali kacamata renang Anda mudah untuk disesuaikan dengan ukuran kepala . Meskipun mudah untuk disesuaikan, tapi jangan sampai tali kacamata terlalu longgar. Karena jika tali terlalu longgar, kacamata renang bisa terlepas saat Anda sedang berenang. Jadi pastikan tali kacamata renang Anda cukup kuat dan bisa disesuaikan ukurannya.

3.      Pilih yang anti kabut

Salah satu gangguan pada saat memakai kacamata renang adalah kecenderungan terbentuknya uap setelah berada dalam air yang menghalangi pandangan Anda di air. Carilah kacamata renang yang memiliki anti kabut. Namun perlu diingat bahwa anti kabut akan semakin berkurang seiring waktu pemakaian kacamata renang.

4.      Lensa warna dan perlindungan UV

Lensa berwarna tidak sekedar untuk bergaya, tapi sebaiknya disesuaikan dengan kondisi cahaya yang berbeda. Jadi di mana Anda akan berenang akan mempengaruhi lensa warna yang Anda pilih.

Secara umum lensa lebih gelap dimaksudkan untuk digunakan di luar di bawah sinar matahari, lensa yang kurang gelap dirancang untuk memaksimalkan jumlah cahaya yang tersedia maka lebih sesuai untuk digunakan dalam ruangan. Kacamata renang yang menawarkan perlindungan UV hanya menjadi pertimbangan jika Anda berniat menggunakan kacamata Anda dalam lingkungan matahari yang terik.

5.      Pilih kacamata dengan frame besar

Kacamata yang memiliki frame kecil jika digunakan dalam jangka waktu yang lama bisa meninggalkan bekas di area mata. Apalagi jika Anda memiliki kulit yang tergolong sensitif, tentu akan mengganggu kenyamanan kamu saat sedang berenang.

Jadi lebih baik pilih kacamata renang yang memiliki frame cukup besar untuk wajah Anda. Hal itu mencegah timbulnya noda yang membekas di sekitar mata. Jangan mempertaruhkan kulit Anda dengan terus memakai kacamata renang yang meninggalkan bekas.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close