MultisportSportainment

5 Tips Memilih Celana Pendek untuk Naik Gunung

Celana panjang maupun celana pendek yang digunakan untuk aktivitas naik gunung memiliki kelebihannya masing-masing. Tidak jarang pendaki lebih memilih menggunakan celana pendek untuk pendakian, karena dianggap lebih nyaman dan lebih simple untuk digunakan dibandingkan celana panjang.

Menariknya lagi, penggunaan celana pendek dalam aktivitas mendaki gunung juga sangat universal. Artinya bisa digunakan oleh pria maupun wanita. Namun, celana pendek gunung untuk wanita tentu memiliki desain dan compartment yang berbeda dibandingkan untuk pria.

Lantas, apakah ada kriteria khusus yang dapat dijadikan pedoman saat memilih celana pendek untuk mendaki gunung? Berikut ini beberapa cara tepat dalam memilih celana pendek untuk naik gunung.

1.      Material quick dry

Meskipun dalam bentuk pendek, material yang cepat kering adalah hal wajib untuk sebuah celana gunung. Saat harus kehujanan atau celana yang dikenakan basah karena penyebab lain, maka tidak dibutuhkan waktu lama untuk membuatnya kering kembali.

2.      Material stretch

Celana pendek gunung quick dry stretch atau elastis bisa jadi pilihan yang paling ideal dari sisi material. Jadi, selain mudah kering ketika terpapar basah, celana seperti ini juga mampu menahan pergerakan yang aktif di atas gunung. Bahannya yang stretch atau elastis dapat membantu membuat aktivitas jadi lebih fleksibel.

3.      Celana khusus untuk outdoor

Celana pendek yang biasa dijual di distro dengan beragam corak dan aksesoris yang ramai tentu tidak cocok digunakan untuk mendaki gunung. Jadi pada langkah ini, pastikan Anda memilih celana pendek yang memang spesifikasinya ideal untuk aktivitas outdoor. Hal ini dilakukan supaya kenyamanan dan kekuatannya terjamin saat digunakan dalam aktivitas pendakian.

4.      Harga sebanding kualitas

Jangan tergiur celana pendek dengan harga murah yang malah membuat Anda mengorbankan kualitasnya sendiri. Anda bisa memilih harga yang paling ideal untuk dibeli sembari menyandingkan dengan kualitas yang diberikan. Tidak masalah jika harga sedikit mahal jika sebanding dengan kualitasnya.

5.      Desain yang sesuai

Terakhir kriteria yang harus diperhatikan adalah mengenai desainnya sendiri. Apakah mau memprioritaskan desain yang simple, mengutamakan kemampuan daya tampung cargo, atau malah desain convertible yang dapat dipadankan dengan sambungan kaki celana dan membuatnya jadi celana panjang.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close