BasketSportainment

5 Tips Membedakan Bola Basket Asli atau Palsu

Memilih bola basket jangan sembarangan, keaslian dari bola menjadi suatu keharusan, karena itu menentukan kualitas dari barang yang akan kita beli dan miliki. Bola yang asli tentunya memiliki kualitas yang baik dan sudah pasti memiliki tingkat kenyamanan yang sangat baik juga saat digunakan.

Bola dan ring basket menjadi perlengkapan yang paling utama dalam olahraga basket. Untuk itu dibutuhkan bola dengan kualitas yang bagus untuk memainkan olahraga ini, agar permainan berjalan dengan lebih baik.

Agar Anda tidak salah dalam membeli bola yang asli dan tidak, berikut ini ada beberapa cara bagaimana membedakan bola yang asli dan palsu, khususnya buat Anda para pemula yang baru saja ingin menggeluti olahraga basket.

1.      Perhatikan logonya

Logo dari suatu merek tertentu sudah pasti jadi ciri khas produk yang dikeluarkan termasuk logo pada bola. Selain menjadi ciri khas, logo juga bisa menjadi indikator keaslian suatu barang.

Logo asli biasanya terukir rapi di permukaan bolanya. Berbeda dengan yang palsu, biasanya agak berantakan dibanding yang asli. Jadi hal ini bisa Anda jadikan indikator pertama untuk membedakan bola yang asli atau palsu.

2.      Dengarkan suara bola saat dribble

Kemampuan seorang pemain basket dalam melakukan dribble menjadi penentu kualitas seorang pemain. Saat pemain melakukan dribble maka akan timbul suara akibat pantulan dari bola tersebut. Untuk membuktikan apakah bola yang Anda pakai itu palsu atau asli adalah dengan mendengar efek yang timbul ketika bola itu di dribble.

Bila suara pantulan bola yang ditimbulkan keras, berarti bola tersebut bisa dikatakan palsu. Sebaliknya, jika suara pantulannya terdengar lembut dan nyaman saat dribble tentu bola tersebut pasti asli.

3.      Perhatikan jarak dan warna pebble

Mungkin banyak diantara Anda yang belum mengerti atau asing dengan kata ini. Pebble merupakan bintik-bintik timbul yang mengisi seluruh permukaan bola basket.

Pebble yang asli pasti terlihat lebih rata dengan ukuran yang sama pada tiap pebble, serta rapat mengisi permukaan bola. Sedangkan pebble pada bola yang palsu jaraknya akan lebih jauh, sehingga terlihat jarang. Bahkan pebble-nya akan terlihat menghitam.

4.      Pahami bahan yang digunakan

Sebenarnya, bola dalam olahraga basket sendiri dibagi menjadi tiga jenis dalam hal pembuatannya dari bahan kulit, kulit sintetis hingga berbahan karet. Karena ada tiga jenis bahan jangan sampai kamu salah membeli, karena masing-masing bahan memiliki keunikannya tersendiri.

Bola yang terbuat dari kulit asli jika digunakan akan terasa nyaman dan memiliki tingkat kelekatan maksimal di genggaman tangan.

Biasanya, bola dengan merek ternama memiliki kualitas bagus dengan menggunakan bahan kulit yang asli, dengan harga yang lumayan tinggi. Apabila ada bola dengan merek ternama namun menggunakan bahan karet, maka perlu dipertanyakan keasliannya. Hal itu akan berpengaruh dengan tingkat pantulan saat di-dribble.  

5.      Teliti pada bagian struktur tulisan

Struktur tulisan di bola itu penting Anda teliti sebelum membeli. Karena, dengan meneliti struktur tulisan di permukaan bola Anda pasti bisa membedakan yang mana bola asli yang mana bola palsu.

Tulisan yang ditampilkan ini akan berdasarkan pada timbul tidaknya tulisan. Karena untuk bola yang asli, tulisannya menonjol atau timbul dan tembus ke dalam.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close