Sportainment

5 Tips Main Arung Jeram untuk Pemula

Arung jeram menjadi olahraga atau permainan yang kerap tidak disukai bagi siapa saja yang tak bisa berenang. Padahal, berenang bukan modal utama agar bisa bermain arung jeram. Tanpa memiliki kemampuan berenang, Anda tetap bisa menikmatinya.

Meski termasuk olahraga yang cukup ekstrem, faktanya semua orang tetap bisa menikmati arung jeram. Olahraga ini pun sangat cocok saat musim hujan seperti belakangan ini. Itu karena air sungai menjadi lebih deras dan lebih menantang.

Meski bisa dinikmati semua orang, bagi para pemula tetap harus memahami apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum bermain arung jeram. Berikut adalah beberapa tipsnya.

1. Perhatikan Alat Keselamatan dan Instruksi

Ada beberapa barang yang termasuk sebagai alat keselamatan. Salah satunya adalah pelampung. Kenakan pelampung yang cukup ketat dengan tubuh Anda. Lalu, gunakan helm yang sesuai ukuran kepala.

Dan yang terpenting adalah mengikuti semua instruksi dari pemandu. Pemandu tak akan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik jika tak diiringi kerja sama Anda. Sebelum memulai, pemandu akan memberikan beberapa instruksu demi keamanan selama bermain arung jeram.

2. Jangan Panik Saat Perahu Terbalik

Jika perahu terbalik, panik adalah sikap yang harus dihindari. Tetaplah tenang dan berenang dengan posisi duduk atau rebah. Ingat, Anda tak akan tenggelam karena menggunakan pelampung.

Posisi kaki harus mengarah ke hilir. Kaki itu akan berguna untuk menggerakkan badan demi menghindari batu. Selanjutnya adalah selalu siaga untuk mencari tim penyelamat.

3. Persiapkan Fisik

Melakukan kegiatan arung jeram membutuhkan fisik yang sehat. Tak perlu khawatir jika Anda tak bisa berenang. Terpenting adalah melaporkan kepada pemandu bahwa Anda tak bisa berenang.

4. Pemanasan

Tak ada salahnya melakukan pemanasan sebelum melakukan arung jeram. Hal itu dilakukan demi menghindari risiko kram saat sedang mendayung.

5. Pilih Operator Terpercaya

Pilihlah operator yang sudah berpengalaman. Pengalaman itu dibutuhkan untuk memahami karakter dan seluk-beluk sungai. Jangan tergiur memilih karena harga yang ditawarkan sangat murah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close