Sportainment

5 Tips Bulu Tangkis untuk Memperkuat Smash Anda

Bulu tangkis kini telah menjadi olahraga yang cukup populer setelah sepak bola, khususnya di Asia. Negara-negara Asia kini berlomba-lomba untuk mencetak pebulu tangkis yang hebat.

Untuk menjadi pemain yang hebat, banyak teknik-teknik yang harus Anda kuasai dalam bulu tangkis. Dan yang paling penting adalah teknik smash. Lewat teknik ini, Anda berpeluang mencuri banyak poin dari lawan.

Namun, ada beberapa hal yang juga harus Anda kuasai untuk bisa melakukan smash yang hebat. Berikut beberapa tips bulu tangkis yang bisa dipelajari agar smash Anda semakin sulit untuk dihentikan.

1. Jangan biarkan otot terlalu tegang

Tekanan adalah hal yang lumrah jika Anda sedang bermain bulu tangkis. Tekanan itu bisa membuat Anda merasa stres. Jika itu terjadi, bukan tak mungkin otot ikut menjadi tegang.

Jelas ini akan berdampak buruk pada permainan Anda. Pasalnya, otot tegang akan memperlambat gerakan tubuh Anda yang juga membuat kekuatan smash Anda melemah.

Pasalnya, melakukan smash dibutuhkan tenaga dan fokus yang besar. Otot pun harus dalam kondisi siap dan dinamis. Jika otot tegang sepanjang permainan, Anda tak akan memiliki tenaga untuk melakukan smash.

2. Manfaatkan pergelangan tangan

Jangan terlalu berlebihan dalam menggenggam raket karena itu juga bisa membuat otot tangan Anda menjadi tegang. Jika itu terjadi, kecepatan dan akurasi smash Anda juga ikut menurun.

Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan tenaga di awal-awal permainan. Anda juga harus menggunakan pergelangan tangan untuk menambah tenaga. Jangan hanya mengandalkan pundak dan lengan atas karena kedua bagian ini tak akan menciptakan momentum pukulan secepat pergelangan tangan.

3. Adu cepat dengan shuttlecock

Untuk bisa melakukan smash yang kuat, Anda juga harus melatih kecepatan dan kelincahan. Smash juga akan lebih mudah dilakukan saat tubuh Anda lebih condong ke depan.

Karenanya, Anda harus memprediksi dan mengobservasi jalur shuttlecock sebelum mencapai tanah. Lalu, segera memposisikan diri Anda beberapa langkah di belakang shuttlecock.

Setelah berada di belakangnya, Anda harus berlari ke arah shuttlecock untuk bersiap melakukan smash. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tenaga yang kuat untuk melakukan smash.

4. Ayunkan lengan secukupnya

Untuk mendapatkan smash yang kuat, Anda harus lebih mengandalkan pergelangan tangan ketimbang pundak dan lengan. Namun, bukan berarti kedua bagian tersebut tidak bisa digunakan.

Gunakan sedikit tenaga dari lengan dan pundak untuk mengayunkan raket. Lalu, Anda bisa mempercepat tenaga dan meneruskannya ke pergelangan tangan. Namun, lebih baik ayunan lengan dibatasi, jangan sampai menghabiskan tenaga. Ayunkan lengan dengan tenaga yang secukupnya, bisa dengan seperempat lingkaran yang mirip dengan gaya mencambuk.

5. Asah kemampuan scissor jump

Teknik melompat juga dibutuhkan untuk menghasilkan smash yang kuat. Anda pun harus mengasah kemampuan scissor jump (lompat gunting). Apa itu scissors jump?

Saat Anda berlari ke arah shuttlecock, berikan perhatian lebih pada gerakan langkah Anda. Melompatlah dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Lalu, putar tubuh Anda secara horizontal saat melompat.

Dengan ini, Anda bisa mendapatkan tambahan tenaga alami. Jika ditambah tenaga dari scissors jump dan tenaga dari lari memukul shuttlecock, dijamin smash Anda pasti akan menjadi lebih kuat. 

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close