Sportainment

5 Tips Berkemah untuk Pemula

Saat ini, kegiatan berkemah sudah menjadi salah satu alternatif berwisata bagi banyak orang. Kegiatan ini pun bisa dilakukan di mana saja, seperti di pantai ataupun gunung.

Bagi Anda yang ingin melakukan berkemah namun dengan cara yang sederhana, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1.      Pilih lokasi yang tepat

Bagi Anda yang baru pertama kali berkemah, mungkin tak tahu banyak tentang lokasi berkemah yang tepat. Untuk itu, sangat dianjurkan agar memiliki gambaran tentang lokasi yang akan dituju jauh-jauh hari.

Pergi camping itu tidak sama dengan traveling biasa di dalam kota. Jika memungkinkan lakukan dulu survey lokasi, atau cari keterangan selengkap-lengkapnya mengenai lokasi yang akan kita pakai untuk berkemah.

2.      Bawalah peralatan yang dibutuhkan

Anda perlu tahu bagaimana cara mudah untuk mencapai lokasi perkemahan, transportasi apa yang digunakan, dan bagaimana cara agar kita bisa sampai ke lokasi sebelum Matahari terbenam.

Bawalah peralatan dan perlengkapan sesuai dengan kebutuhan berkemah, seperti tenda camping, senter camping, kompor portable mini, alat masak caming, matras, dan P3K.

3.      Tentukan lamanya akan camping

Lamanya waktu Anda camping sangatlah penting, karena hal ini sangat berkaitan dengan jumlah logistik dan perbekalan yang akan kita bawa. Dengan menentukan lamanya camping, kita bisa memperkirakan jumlah perbekalan yang harus kita bawa. Sehingga dapat menghindari kondisi kekurangan atau kelebihan logistik.

4.      Buat rencana kegiatan saat camping

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengisi kegiatan camping. Dari sekian banyaknya itu membuat jadwal rencana kegiatan selama perkemahan berlangsung sangatlah penting.

Tujuannya, agar kegiatan camping Anda berjalan sempurna, teratur, asyik, dan menyenangkan. Beberapa contoh kegiatan yang bisa kita lakukan selama camping antara lain, kegiatan outbound, masak-memasak, hunting foto, menjelajah keadaan alam sekitar, membuat api unggun di malam hari, hingga barbeque.

5.      Bawa perbekalan secukupnya

Sesuaikan perbekalan secukupnya dan peralatan yang diperlukan saja. Sebaiknya yang tidak penting atau tidak ada hubungannya dengan camping jangan dibawa. Bawalah makanan yang siap untuk dimakan. Agar lebih efisien, sebaiknya makanan telah disimpan di dalam wadah penyimpanan. Hal ini juga mencegah tertinggalnya sampah di area camping.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close