MultisportSportainment

5 Tips Agar Olahraga Skipping dapat Memberikan Efek Optimal

Dalam melakukan Jump Rope, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui agar gerakan Anda dapat efisien dan efektif. Selain itu juga agar Anda terhindar dari resiko cedera, terutama pada bagian kaki.

Jump Rope adalah gerakan olahraga tali yang sangat efektif dalam membakar lemak dan melancarkan metabolisme tubuh agar agar badan tetap bugar. Berikut lima trik agar Jump Rope memberi efek optimal.

1.      Melakukan pemanasan terlebih dahulu

Melakukan pemanasan sebelum berolahraga sangatlah penting agar Anda terhindar dari keseleo otot maupun terkilir. Pemanasan adalah gerakan sebelum berolahraga, untuk meregangkan otot, dan melenturkan sendi. Selain itu juga agar jantung Anda tidak terkejut. Banyak sekali ditemukan pada keseharian kita banyak orang yang cedera bahkan mendapat serangan jantung saat berolahraga. Semuanya terjadi karena menyepelekan pemanasan.

Di samping berdampak positif bagi fisik, pemanasan juga penting agar psikis siap dalam menjalani aktivitas latihan yang cukup berat.

2.      Memakai sepatu olahraga

Menggunakan sepatu pada saat melakukan olahraga tali skipping merupakan hal penting yang perlu diperhatikan karena pijakan kaki harus kuat dan tidak slip. Karena jika pijakan licin, akan membuat kaki Anda mudah cedera seperti terkilir.

Selain itu, lompatan Anda juga akan semakin maksimal jika menggunakan sepatu, terutama sepatu yang menggunakan alas karet anti slip. Keuntungan lainnya adalah Anda akan leluasa dalam melakukan teknik-teknik variatif yang memacu adrenalin.

3.      Menutup mata saat melompat

Dengan menutup mata saat melakukan olahraga tali skipping, maka Anda akan semakin konsentrasi. Konsentrasi akan memaksimalkan ketepatan lompatan sehingga masing-masing lompatan akan teratur. Keuntungan lainnya yang tidak kalah penting adalah Anda akan semakin peka terhadap gerakan-gerakan setiap anggota tubuh yang berakibat positif pada efisiensi tiap gerakan.

4.      Melompat dengan satu kaki

Membayangkan melompat dengan satu kaki tentu hal yang muncul dalam benak Anda adalah susah dan akan semakin mudah terjatuh. Ternyata, melompat dengan menggunakan satu kaki dapat melatih keseimbangan tubuh, sekaligus menjadi tantangan bagi kebugaran tubuh. Tentu saja menggunakan satu kaki membutuhkan konsentrasi dan tenaga yang lebih. Bentuk latihan semacam ini juga penting untuk melatih kekuatan masing-masing otot kaki.

5.      Memulai lompatan dengan posisi tali di belakang kaki

Memulai lompatan dengan posisi tali di belakang kaki akan memudahkan Anda saat memulai gerakan pertama yaitu dengan mengayunkan tali ke depan. Hal ini adalah gerakan yang sering digunakan oleh olahragawan saat latihan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close