BolaSportainment

5 Teknik Dasar yang Harus Diketahui Pemain Futsal

Futsal telah menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin sekadar mengeluarkan keringat. Futsal juga menjadi solusi bagi orang yang hobi bermain sepak bola, tapi kesulitan untuk mencari lapangan.

Bermain futsal memang jauh lebih mudah dibandingkan sepak bola. Namun, bukan berarti Anda boleh bermain sesukanya. Setidaknya, agar tidak membuat malu, ada beberapa teknik dasar yang harus diketahui.

Beberapa teknik ini juga akan membantu bagi pemula yang ingin mencicipi olahraga futsal. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

1. Kontrol Bola

Teknik ini juga dipakai dalam sepak bola, bahkan bisa disebut teknik paling dasar. Nah, dalam futsal, teknik ini digunakan untuk menghentikan laju bola. Setidaknya, kami bisa menerima operan dari teman dengan baik.

Bahkan, dibandingkan cara menendang bola, cara menghentikan bola yang melaju merupakan dasar permainan sepak bola dan futsal. Sebab, seorang pemain sepak bola atau futsal yang baik adalah mereka yang mampu mengontrol bola dengan baik pula.

Nah, biasanya cara mengontrol bola adalah menggunakan kaki bagian dalam. Dan kalau Anda sudah cukup sering berlatih, mengontrol bola dengan telapak kaki juga bisa dilakukan.

2. Umpan Bola

Setelah mampu mengontrol, hal yang harus segera dipahami adalah cara mengumpan. Itu karena futsal merupakan permainan tim. Anda harus melibatkan rekan setim agar bisa memenangkan pertandingan. Dan caranya adalah dengan mengumpan.

Dalam futsal, lapangan yang pendek dan kecil bikin kamu harus bisa mengalirkan bola dengan cepat. Dan tentu saja harus akurat. Untuk itu, gunakan kaki bagian dalam untuk mengarahkan bola.

3. Akselerasi

Tak seperti sepak bola, stamina yang dibutuhkan dalam futsal tidak begitu besar. Namun, ada satu hal yang harus dikuasai, yakni tingkat kelincahan. Anda harus bisa bergerak cepat dari satu posisi ke posisi lain.

Lapangan kecil dalam futsal memaksa Anda untuk terus melakukan akselerasi. Agar bisa menguasainya, Anda boleh berlatih lari sprint dengan zig zag. Itu agar otot-otot tubuh mampu terbiasa dengan gerakan yang tiba-tiba.

4. Drible

Menggiring bola hingga melewati banyak pemain memang sangat membanggakan. Tapi, sulit melakukan hal tersebut dalam futsal. Meski begitu, Anda bisa melakukan drible dengan teknik yang memukau.

Drible dalam futsal biasanya dilakukan dengan cara seperti diinjak atau menggunakan sol sepatu. Tujuannya adalah agar bola tidak mudah direbut lawan. Cara melatihnya adalah terbiasa mengontrol bola sesering mungkin dengan sol sepatu.

5. Shooting

Setelah empat teknik di atas diketahui, giliran cara menembak yang harus Anda pelajari. Ini berkaitan dengan akurasi dan kekuatan. Alhasil, Anda harus melatih akurasi dan kekuatan tembakan Anda.

Namun, menembak dalam futsal tak semudah yang seperti dipikirkan. Lapangan yang kecil juga membuat ruang tembak ikut menyempit. Anda benar-benar harus menunggu waktu yang tepat agar tembakan Anda tak terbuang sia-sia.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close