Sportainment

5 Poin Penting dalam Merawat Tenda yang Baik dan Benar

Tenda adalah bagian yang sangat penting dari peralatan hiking dan camping. Anda bisa membuat peralatan tersebut bertahan selama mungkin dengan merawatnya dengan baik.

Tentu saja Anda selalu ingin peralatan camping yang satu ini selalu siap dalam keadaan yang baik untuk menikmati petualangan kapan saja.

Berikut adalah beberapa tips merawat tenda camping dan menyimpannya agar awet serta bertahan lama untuk jangka waktu penggunaannya.

1.      Dirikan kembali setelah digunakan

Carilah tempat datar dan kering untuk mendirikannya. Pastikan frame terpasang dan terkunci pada tempatnya. Kemudian, biarkan berdiri tanpa pasak dan tali pancang.

2.      Miringkan tenda

Buka salah satu pintu tenda jika memiliki dua pintu. Kemudian miringkan dengan posisi pintu berada di bawah. Lalu goyangkan sambil menepuk pelan bagian terpal dari sisi luar, hal ini dilakukan untuk mendorong kotoran sampai ke bagian pintu. Keluarkan semua kotoran yang telah mengumpul di dekat pintu.

3.      Jemur ditempat yang teduh

Untuk menjaga agar bahannya tidak rusak, jangan menjemurnya ditempat yang terkena sinar matahari langsung. Jemurlah di tempat yang teduh atau diangin-anginkan. Pastikan saat menjemur tidak ada air yang menggenang di salah satu bagiannya.

4.      Bersihkan pasak, frame, tali pancang dan benda lainnya

Setelah kering, segera lepaskan frame-nya dan bersihkanlah dengan cara menyikatnya. Untuk pasak yang bengkok, luruskanlah kembali dengan memukul-mukul ringan. Tali pancang bisa Anda kucek cukup dengan air bersih saja.

5.      Perhatikan cara menyimpannya

Sebelum disimpan, perhatikan bagian dalamnya, apakah ada bagian yang perlu dibetulkan, semisal kantong di bagian dalam yang perlu dijahit.

Cara penyimpanannya adalah dengan melipat tanpa tekanan, jangan melipat seperti akan dimasukkan ke dalam carrier. Melipat tanpa tekanan akan membuat kualitas bahannya tidak mudah tertekuk dan lebih awet.

Pastikan pasak telah bersih dan kering sebelum disimpan untuk menghindari karat pada pasak tersebut.

Untuk menyimpan frame dalam waktu lama, rentangkan frame hingga tidak ada bagian yang tertekuk. Letakkan dengan posisi horizontal agar tidak melengkung. Cara ini bertujuan untuk menjaga kekencangan tali di dalam frame, ketika tali ini kendur maka akan merepotkan saat mendirikannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close