Sportainment

5 Poin Penting Dalam Merawat Helm Sepeda Kesayangan

Helm sepeda santai memang sudah diciptakan untuk bisa melindungi bagian kepala serta mudah untuk merawatnya. Namun demikian masih ada saja yang sepertinya malas untuk sekedar mengelap atau mencucinya secara berkala.

Jika kondisi ini dibiarkan makan helm berkurang unsur kenyamanannya yang diakibatkan oleh bau kurang sedap dan kotor dan lama kelamaan akan membuat kulit kepala menjadi gatal. Untuk menjaga helm yang Anda miliki selalu nyaman dan enak dipakai, tentulah butuh perawatan.

Berikut ini panduan mudah cara merawat helm sepeda yang bisa Anda praktekkan di rumah. Simak caranya dibawah ini :

1.      Simpan ditempat bersih

Setelah helm dipakai sangat dianjurkan untuk ditaruh di tempat yang bersih, kering dan bersirkulasi udara. Jika helm terlihat basah terlebih dahulu dilap dengan kain kering lalu taruh dengan cara terbalik agar sisa-sisa keringat yang terperangkap dan merembes ke kain pelapis di dalam helm dapat menghilang oleh sirkulasi udara. Dengan cara ini akan mengurangi timbulnya bau yang disebabkan oleh jamur dan bakteri.

2.      Jauhkan helm dari zat kimia

Bagian dalam helm memiliki material bahan yang terbuat dari  EPS foam yang sekilas mirip dengan styrofoam. Oleh sebab itu, harus dijauhkan dari bahan-bahan zat kimia yang berbahaya karena bisa merusak pelapis helm. Beberapa jenis zat berbahaya yang harus dijauhkan dari helm adalah  pengencer cat atau thinner, bensin serta solar.

3.      Hel harus tetap kering

Helm yang terlanjur basah atau terkena air, jangan dijemur langsung di bawah terik sinar matahari karena bisa merusak tekstur EPS foam serta cat helm. Keringkan helm di dalam ruangan, atau bisa juga keringkan helm dengan menggunakan hair dryer atau kipas angin. Usahakan juga saat memakai helm rambut Anda dalam keadaan kering agar tidak memicu kelembaban.

4.      Bersihkan helm seara rutin

Sebenarnya tidak begitu susah membersihkannya, helm dibuat agar memudahkan Anda jika ingin membersihkannya. Jika terkena lumpur bisa langsung dicuci dengan air mengalir dan bersihkan dengan sikat gigi bekas yang memiliki serat lembut serta menggunakan shampo atau sabun khusus untuk mencuci mobil atau motor.

5.      Lap dengan kain halus

Untuk membersihkan cangkang helm sepeda, gunakan lap microfiber atau dengan kain halus lalu keringkan. Usahakan dalam mengelap harus tuntas sampai pada lekukan-lekukan dan lubang ventilasi agar nantinya tidak timbul bercak bekas air.  Setelah itu untuk mengkilapkan helm bisa gunakan pasta pemoles yang biasanya untuk memoles body motor atau cairan pembersih helm.

6.      Semprotkan pewangi helm

Terakhir, untuk menjaga kondisi helm agar tetap segar dan wangi, bisa semprotkan wangi-wangian khusus helm yang banyak di jual di pasaran.

Cairan pewangi helm ini juga mengandung juga desinfektan yang dapat membunuh kuman penyebab bau tak sedap serta mematikan jamur yang bisa tumbuh di dalam helm. Pastikan parfum helm yang Anda beli rendah alkohol karena kadar alkohol yang tinggi bisa merusak busa helm.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close