Sportainment

5 Perlengkapan Standar Tenis Meja

Tenis meja atau dikenal nama ping pong adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang. Olahraga tenis meja ini sangat disukai oleh kalangan masyarakat, permainannya juga mudah dan dapat dilakukan oleh siapaun tanpa kursus. Bermodalkan dengan meja, net dan papan kayu yang digunakan untuk memukul bolanya, hampir mirip seperti permainan bulu tangkis atau badminton namun memiliki lapangannya hanya sebatas meja saja.

Permainan ini biasa dilakukan di indoor atau di dalam gedung, namun ada kalangan yang menyukai tenis meja outdoor sehingga olahraga ini sangat fleksibel. Untuk memulai permainan ini, diperlukan peralatan atau perlengkapan tenis meja, diantaranya:

1.      Tenis meja

Peralatan tenis meja ini harus ada, beberapa kriteria yang harus dipenuhi diantaranya adalah terbuat dari bahan yang keras guna memantulkan bola ping pong-nya. Standar ukuran meja tenis diantaranya P: 2,74 meter, Lebar 1,52 meter, dan tinggi 76 cm.

2.      Bet

Bet merupakan perlengkapan tenis meja yang harus ada berfungsi sebagai pemukul, rata – rata bet terbuat dari kayu namun ada beberapa yang menggunakan gabungan karet dan kayu demi kepentingan skill mereka dalam menahan dan menyerang bola.

3.      Net tenis meja

Alat tenis meja yang membagi menjadi dua bagian daerah berlawanan yang sama yaitu net. Untuk memilih net yang baik, anda harus mengetahui standar tenis internasional yaitu 183 cm, lebar dan tinggi, 15,25 cm.

4.      Bola pingpong

Bola ping pong merupakan alat yang digunakan permainan dalam tenis meja, menang kalalh ditentukan oleh laju bola ini. Bola ping pong yang baik menurut ITFF berukuran 2.74 m berbentuk bulat, bewarna orange dan terbuat dari bahan cluloid.

Pada bola pingpong biasanaya ada tanda bintang dari bintang 1 hingga bintang 3, dan tanda bintang 3 inilah yang menunjukan kualitas tertinggi dari bola tersebut yang biasanya digunakan dalam turnamen-turnamen resmi.

5.      Pakaian

Pilihlah kaos yang sesuai dengan postur tubuh anda, sehingga memberi kenyamanan. Jangan memilih kaos yang menyebabkan suasana panas dan dingin, pakailah kaos yang benar-benar sesuai dan memberi kenyamanan bagi tubuh.

Sebelum mulai pertandingan suatu turnamen, pemanasan tubuh adalah penting, beberapa tempat permainan di dunia internasional, kadang –kadang terlalu dingin. Untuk itu dibutuhkan kaos rangkap dan atau tiga untuk menghindarkan dari kejang-kejang atau kedinginan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close