MultisportSportainment

5 Perlengkapan Skateboard yang Dibutuhkan untuk Para Pemula

Olahraga skateboard memang tengah naik daun di kalangan remaja dan anak-anak muda. Bahkan, cabang olahraga permainan ini sudah dipertandingkan di multievent seperti Asian Games Indonesia 2018, SEA Games Filipina 2019, dan juga bakal dipertandingkan untuk pertama kali di multi ajang paling prestisius dunia, yakni Olimpiade Tokyo 2021 mendatang.

Meski termasuk olahraga yang menyenangkan, skateboarding tetap berisiko mengakibatkan cedera jika tidak dilakukan dengan perlengkapan yang memadai. Oleh karena itu, para pemain pemula sangat disarankan menggunakan alat pelindung diri dan tentunya memilih papan yang sesuai standar.

Sebelum terjun menekuni olahraga ini, ada beberapa hal penting yang harus Anda lakukan seperti memilih papan dan perlengkapan skateboard yang cocok dan aman. Apa saja hal-hal yang harus Anda perhatikan?

1.      Papan skateboard

Jika Anda ingin melakukan olahraga ini di taman, pilihlah papan yang berukuran relatif kecil. Jangan lupa juga untuk memastikan papan tidak retak, ujungnya tumpul, rodanya tidak rusak, dan tidak ada bagian longgar, sebelum Anda menggunakan papan tersebut.

2.      Helm

Gunakan helm yang dibuat khusus saat berlatih olahraga ini, bukan helm sepeda apalagi helm motor. Helm yang dikenakan harus kokoh dan memiliki pengait, agar bisa melindungi kepala dari benturan saat Anda berolahraga.

3.      Pelindung siku dan lutut

Berolahraga menggunakan pelindung lutut dan siku mungkin tidak kelihatan keren, tapi langkah ini akan menyelamatkan Anda dari cedera. Pastikan pelindung ini terbuat dari plastik keras, tapi tidak membatasi gerakan Anda.

4.      Sepatu

Untuk para pemain pemula wajib selalu memakai sepatu dengan sol karet yang kuat agar cengkraman ke papan juga kuat. Jangan pernah menggunakan sandal saat melakukan olahraga ini.

5.      Peralatan pendukung lainnya

Untuk menambah keamanan saat bermain olahraga ini, Anda juga bisa menggunakan pelindung paha, sarung tangan, hingga pelindung mulut, agar tidak cedera saat jatuh.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close