GamesSportainment

5 Perlengkapan MMA yang Wajib Dimiliki

Siapa yang tak kenal dengan Mixed Martial Arts (MMA) atau seni bela diri campuran jadi salah satu pilihan olahraga yang populer? Seni bela diri ini menggabungkan berbagai gerakan dari cabang olahraga yang lain, misalnya saja tinju, muay thai atau jujitsu.

Namun memasuki dunia MMA tidak semudah olahraga lainnya. Ada banyak persiapan yang harus dilengkapi sebelum merasakan sensasi bermain MMA. Untuk pemula, ada beberapa perlengkapan muaythai yang harus dilengkapi terlebih dahulu agar tidak mengalami cedera selama berlatih. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan wajib bagi pemula MMA:

1.      Sarung tinju

Perlengkapan pertama adalah sarung tinju. Anda harus bisa terbiasa untuk menggunakan sarung tinju. Sarung tinju sangat penting untuk menjaga tangan terhindar dari cedera ketika melakukan pukulan, terutama jab atau uppercut. 

Pilih sarung tinju yang empuk dan tidak terlalu berat untuk pemula. Begitu pula dengan bahan pelapis luarnya, gunakan yang terbuat dari kulit asli sehingga lebih kuat dan tahan lama.

2.      Hand wrap

Sebelum memakai sarung tinju, Anda harus melapisi tangan menggunakan hand wrap. Fungsi Hand wrap adalah melindungi pergelangan tangan dan buku-buku jari agar tidak cedera ketika melakukan punch. Dengan memakai hand wrap yang tepat, pukulan demi pukulan pun bisa Anda lancarkan dengan lebih mantap.

3.      Elbow support

Elbow support adalah perlengkapan yang digunakan untuk melindungi bagian siku pemain. Bagian siku pemain MMA atau olahraga ekstrim lainnya sangat mudah terkena Lateral Epicondylitus. Lateral Epicondylitus adalah kondisi di mana otot dan tendon pada area siku mengalami kerusakan akibat tekanan yang berlebihan.

Elbow support membuat siku dan lengan mendapatkan tekanan yang sama sehingga terhindar dari cedera akibat kelebihan beban atau tekanan pada bagian tertentu.

4.      Knee support

Sama halnya seperti elbow supportknee support digunakan untuk mencegah cedera pada bagian lutut.

Dalam olahraga MMA yang banyak menggunakan kaki untuk menendang, tentunya akan memberikan tekanan yang cukup banyak dan besar bagi kaki, terutama bagian lutut yang sangat sensitif.

Oleh karena itu, penggunakan knee support sangat disarankan terutama bagi pemain pemula. Knee support akan membantu mengurangi tekanan pada bagian lutut sehingga lebih mudah bergerak.

5.      Pakaian olahraga pria dan wanita

Perlengkapan olahraga yang tidak kalah penting adalah pakaian olahraga. Karena latihan bela diri yang satu ini melibatkan banyak gerakan kaki, Anda pun harus memakai celana olahraga yang tepat. Pilih yang bahannya nyaman dan elastis, sehingga gerakan Anda tetap lincah ketika melatih tendangan demi tendangan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close