Multisport

5 Perbedaan Paling Mendasar Antara Sepatu Lari dan Badminton

Badminton termasuk salah satu olahraga yang banyak diminati, terutama di era sekarang ini. Terdapat beberapa teknik dasar bulu tangkis yang harus dikuasai oleh setiap pemain jika ingin menjadi seorang pemain badminton yang handal.

Selain itu, Anda jangan sampai lupa untuk menyiapkan perlengkapan bulu tangkis karena perlengkapan tersebut tentu akan menunjang performa Anda di lapangan.

Sementara untuk olahraga lari juga sering dilombakan di ajang nasional maupun internasional. Ada tiga bagian dari olahraga lari ini yakni lari jarak pendek, menengah, dan juga lari maraton. Sama halnya dengan teknik yang ada pada badminton, lari juga memiliki beberapa teknik seperti teknik lari jarak jauh maupun teknik lari jarak menengah.

Setelah Anda paham tentang kedua olahraga tersebut, maka Anda perlu juga untuk memahami apa saja perbedaan sepatu lari dan sepatu badminton. Simak penjelasan berikut ini.

1.      Sepatu lari lebih empuk

Perbedaan sepatu lari dan badminton yang pertama adalah sepatu lari didesain lebih empuk dibandingkan dengan sepatu yang lainnya. Alasannya adalah agar supaya kaki tidak merasakan sakit ketika mengalami guncangan. Selain itu, sepatu yang dibuat untuk olahraga lari memiliki kemampuan yang baik di dalam menyerap keringat dibandingkan dengan sepatu jenis lainnya.

Sepatu lari bisa dikatakan memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan dengan sepatu badminton. Hal ini mungkin saja agar supaya tidak sampai mengganggu fleksibilitas dari pelari itu sendiri dimana jika ia menggunakan sepatu yang berat, maka akan mengganggu kecepatan atau keseimbangan dari orang tersebut.

2.      Sepatu lari memiliki kassa pada bagian atas

Tujuan dari pemberian kassa pada bagian atas sepatu yang digunakan untuk lari adalah agar supaya sepatu tersebut mampu menjaga berat badan tubuh sehingga ketika Anda berlari tidak akan mengalami kesulitan.

Maka dari itu, ketika Anda ingin membeli sepatu yang akan anda gunakan untuk berlari, maka anda harus memastikan bahwasanya sepatu yang Anda pilih memiliki kassa pada bagian atasnya.

3.      Sepatu bulu tangkis lebih elastis

Sepatu bulu tangkis maupun juga sepatu bagi olahraga yang menggunakan raket, sepatu tersebut didesain lebih elastis terutama pada bagian jempol dan jari kaki. Hal ini bertujuan agar supaya pemain badminton mampu lebih leluasa untuk bergerak karena memang olahraga yang satu ini menuntut pemainnya untuk bergerak cepat.

4.      Sepatu badminton menggunakan non marking sole

Perbedaan selanjutnya adalah terletak pada jenis sol yang digunakan oleh sepatu tersebut. Perlu Anda tahu bahwa sepatu tersebut menggunakan sol dengan jenis non marking sole. Dengan kata lain, tipe sol yang satu ini memiliki keunggulan yakni tidak akan melekat di lantai karena memang sepatu pemain badminton akan selalu menggesek ke lapangan.

5.      Sepatu badminton lebih merekat di lantai

Meskipun beberapa sepatu lainnya juga memiliki kemampuan yang sama, namun sepatu yang dibuat khusus para pemain badminton memiliki keunggulan yakni lebih merekat ke lantai. Hal inilah yang mungkin sering anda dengar diman ketika mereka bermain, maka akan terdengar bunyi berdecit selama permainan badminton.

Hal ini dikarenakan bagian bawah dari sepatu tersebut memang didesain memiliki kemampuan melekat ke lantai karena terbuat dari bahan karet dengan kualitas yang tinggi.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close