Sportainment

5 Peralatan Survival yang Dibutuhkan Saat Naik Gunung

Traveling di alam bebas memang sangat menarik. Misalnya saja hikingclimbing di pegunungan, atau camping di tengah hutan. Jalan-jalan jenis ini biasanya sangat digemari oleh traveler yang cinta alam.

Selain karena sensasi dan tantangannya yang berbeda, kegiatan di alam bebas memang membutuhkan persiapan yang lebih banyak dan lebih matang. Hal ini dilakukan karena jenis kegiatan ini akan membuat manusia menantang kekuatan dan kemampuannya di tengah alam.

Untuk itu, diperlukan persiapan yang tidak sedikit. Salah sedikit, nyawa bisa menjadi taruhannya. Berikut beberapa peralatan survival kit yang dibutuhkan saat mendaki gunung.

1.      Pemantik api atau korek

Api merupakan salah satu elemen esensial untuk bertahan hidup di tengah hutan belantara, yaitu berfungsi untuk menghangatkan tubuh, penerangan, dan memasak makanan.

Di hutan tropis seperti di Indonesia, ketika kondisi udara lembab atau basah, korek api biasa akan sulit untuk menyala. Karena itu pemantik api sangat berguna di kala darurat dan termasuk alat yang direkomendasikan untuk dibawa saat berkegiatan outdoor.

2.      Kotak p3k

Perlengkapan P3K sebenarnya merupakan peralatan wajib dan standar untuk kegiatan di alam bebas jenis apa pun. Namun perlengkapan ini kerap sekali terlupa untuk dibawa, bahkan tidak sedikit orang yang enggan untuk membawa perlengkapan P3K. Padahal pada saat kondisi darurat, yang pertama kali dibutuhkan adalah peralatan P3K.

3.      Swiss army knife

Sebagai seorang pendaki gunung, pisau Swiss Army yang multifungsi ini harus Anda miliki. Tak hanya sekadar pisau lipat, Swiss Army Knife dilengkapi juga dengan kikir kuku, gunting, kaca pembesar, pembuka botol, obeng kecil, hingga jam.

4.      Selimut termal

Tersesat di pegunungan atau hutan yang dingin dengan pakaian yang basah membuat Anda berhadapan dengan risiko hipotermia. Hipotermia terbukti merupakan penyebab paling banyak meninggalnya korban saat tersesat.

Selimut Termal atau dikenal juga dengan Emergency Blanket adalah salah satu alat yang direkomendasikan untuk Anda bawa dalam pendakian. Emergency blanket akan menginsulasi suhu tubuh agar panasnya tidak keluar dari selimut ketika digunakan, sehingga mampu menjaga tubuh tetap hangat dan mencegah hipotermia.

5.      Ransum tinggi kalori

Sebagai antisipasi keadaan darurat, ada baiknya Anda juga menyiapkan cadangan makanan khusus untuk survival atau sering dikenal dengan istilah ransum tinggi kalori. Ransum memiliki bobot yang ringan, tahan lama dalam penyimpanan, dan yang terutama memiliki kalori tinggi untuk memberikan energi cukup ketika harus survival. Satu keping biskuit ransum bisa memberi kamu tenaga hingga 6-8 jam.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close