Sportainment

5 Peralatan Snorkeling Wajib Bagi Pemula

Snorkeling adalah aktivitas olahraga yang cocok bagi penyelam pemula atau bagi Anda yang ingin bermain air di perairan dangkal. Snorkeling termasuk ringan dan sederhana jika dibandingkan dengan diving atau selam skuba.

Meskipun simpel, penyelam pemula disarankan mengenal fungsi alat snorkeling dengan baik agar dapat menikmati keindahan bawah laut tanpa terkena hambatan. Apa sajakah peralatan snorkeling yang perlu diketahui penyelam? Simak ulasan berikut.

1.      Full wetsuit long-sleeve

Anda tidak bisa menggunakan baju biasa untuk menyelam dan menikmati pemandangan bawah air. Baju selam ini didesain khusus untuk digunakan oleh para penyelam. Baju ini mampu memudahkanmu untuk bergerak selama berada di air.

2.      Sepatu katak

Sepatu katak atau snorkel fins dipakai untuk memudahkan mengatur gerakan saat berenang. Perhatikan ukuran sepatu katak yang pas dengan kakimu demi kenyamanan bergerak. Jangan terlalu besar dan jangan pula kekecilan.

3.      Penutup wajah

Masker penting untuk melindungi bagian wajah Anda selama snorkeling. Ada beberapa jenis masker yang bisa dipilih, mulai dari masker yang agak terbuka sampai menutupi wajah seluruhnya.

4.      Skuba diving mask

Alat terpenting dari snorkeling adalah kacamata dan alat bantu pernafasannya, yang sering disebut skuba diving mask. Tanpa benda ini Anda akan susah menikmati keindahan batu karang di bawah laut karena kesulitan untuk membuka mata. Masker ini juga untuk membantu agar tidak kemasukan air melalui hidung.

5.      Jaket pelampung

Bagi pemula, jaket pelampung bisa jadi alat yang harus dipakai. Kendati sudah mahir berenang, jaket pelampung berguna menjaga kedalaman dan stabil saat mengambang. Perlu dipahami juga pemakaian jaket pelampung ini terasa agak membatasi gerak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close