MultisportSportainment

5 Peralatan Penting yang Wajib Dibawa Saat Bersepeda Jarak Jauh

Bagi para pecinta olahraga sepeda setiap gowesan bisa memberikan sensasi kebahagiaan dalam hidupnya. Pikiran positif dan menyehatkan ini pun mendapat banyak sekali persetujuan hingga bersepeda menjadi hobi yang populer beberapa tahun belakangan ini. Wajar saja jika saat ini banyak orang bersepeda ke kampus, ke kantor hingga ke tempat wisata yang jaraknya lumayan jauh.

Selain persiapan fisik, ternyata bersepeda jarak jauh juga memerlukan beberapa peralatan penunjang yang tidak bisa disepelekan. Selain helm sepeda, berikut ini daftar peralatan penting yang wajib Anda bawa saat bersepeda jarak jauh.

1.      Pompa ban portable

Ketika menempuh jarak yang lumayan jauh tentu saja banyak resiko yang mungkin saja hadir menghampiri. Salah satunya ban kekurangan tekanan angin atau bahkan ban bocor dan lokasinya jauh dari bengkel.

Oleh karena itu, membawa pompa ban portable tidak ada salahnya Anda bawa. Bentuknya yang terbilang kecil dan praktis membuat alat penting ini menjadi mudah dibawa kemana-mana. Tak terkecuali saat bersepeda jarak jauh untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2.      Penambal ban darurat

Penambal ban darurat ini bentuknya berupa lembaran karet untuk menutup lubang pada ban sepeda yang bocor dan lem perekat yang sangat kuat. Peralatan saat bersepeda jarak jauh yang satu ini wajib banget Anda bawa, apalagi jika Anda tidak membawa ban dalam cadangan.

Sebenarnya, penambal ban darurat ini tetap harus dibawa meskipun ada ban cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi jika ban dalam cadangan sudah terpakai kembali bocor. Selain membawa penambal ban darurat, Anda juga wajib memiliki keterampilan untuk membuka ban dan melakukan penambalan ban darurat.

3.      Toolkit sederhana

Biasanya, toolkit sederhana ini terdiri dari kunci L, peralatan pembuka ban, peralatan untuk membuka rantai dan juga obeng. Jadi, tidak usah membawa toolkit yang berlebihan.

Siapkan dan gabungkan toolkit ini menjadi satu tempat agar mudah ditemukan saat diperlukan. Anda bisa memperoleh toolkit sederhana ini di toko-toko peralatan sepeda dalam bentuk paket lengkap dan dalam kemasan praktis

4.      Cable tie

Alat yang satu ini sepertinya terdengar asing di telinga beberapa orang. Cable tie atau yang biasa dikenal dengan nama Tyraps adalah tali yang digunakan untuk mengikat sekumpulan kabel. Alat ini bisa juga dipakai untuk mengikat benda apa saja yang memungkinkan. Misalnya, pada saat putus rantai di tengah jalan dan jauh dari bengkel, cable tie bisa diandalkan untuk pertolongan pertama saat situasi seperti ini.

5.      Rear derailleur hanger

Peralatan yang satu ini memang terbilang kecil, namun sangat penting dalam aktivitas bersepeda, apalagi bersepeda dengan jarak yang cukup jauh. Rear Derailleur (RD) Hanger atau yang biasa disebut anting RD merupakan komponen kecil yang terletak di bagian ujung bawah kanan frame.

Saat bersepeda dengan jarak yang cukup jauh, resiko RD hanger patah pun bisa saja terjadi. Debu-debu hingga lumpur yang berkerak di rantai sepeda bisa saja membuat RD hanger tertarik hingga kemudian patah. Anda bisa mengantisipasi resiko tersebut dengan membawa RD hanger cadangan.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close