MultisportSportainment

5 Peralatan Mendaki Wajib untuk Pemula yang Harus Dipersiapkan

Mendaki gunung sudah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari traveling. Tetapi, kegiatan yang satu ini tidak bisa dianggap sebelah mata karena memerlukan beberapa aspek penting yang harus dipenuhi seperti ketahanan fisik, skill dan peralatan yang memadai.

Dari ketiga aspek tersebut, peralatan mendaki yang memadai memang menjadi hal yang harus dipersiapkan juga dengan baik. Untuk Anda yang baru mencoba olahraga yang satu ini ada beberapa peralatan mendaki untuk pemula yang penting untuk Anda miliki. Berikut 5 peralatan yang harus Anda persiapkan.

1.      Tenda

Saat mendaki benda yang paling penting yang harus Anda miliki adalah Tenda. Tenda menjadi benda yang cukup penting untuk dibawa selama pendakian. Apakah Anda akan bermalam di atas puncak atau tidak peralatan mendaki untuk pemula ini harus Anda bawa. Hal ini karena bisa saja saat mendaki gunung ada keadaan darurat yang tiba-tiba terjadi. Anda pasti juga akan lebih aman dari cuaca yang dingin atau gigitan hewan saat ingin beristirahat.

2.      Sepatu gunung

Sepatu yang sesuai saat mendaki gunung juga sangat penting untuk Anda perhatikan. Medan pendakian di gunung tentunya akan berbeda dengan jalan biasa. Karena itu Anda akan memerlukan sepatu khusus atau paling tidak sandal gunung. Namun, untuk keamanan Anda disarankan untuk menggunakan sepatu agar kaki Anda terlindungi dari benda-benda tajam di sekitar.

3.      Tas carrier

Peralatan mendaki untuk pemula berikutnya yang harus Anda miliki adalah Carrier. Berbeda dengan traveling biasa yang mungkin bisa menggunakan tas biasa. Saat mendaki gunung keperluan yang harus Anda bawa tentunya akan berbeda.

Selain pakaian, Anda juga akan membawa survival kit dan keperluan logistic lainnya. Carrier sendiri terbagi menjadi beberapa ukuran seperti 40 L, 60 L, 90 L dan 100 L. Ukuran carrier ini disesuaikan dengan keperluan yang Anda butuhkan, seberapa banyak barang yang Anda bawa atau seberapa lama pendakian yang akan Anda lalui.

4.      Jaket gunung

Peralatan berikutnya yang tidak kalah penting dari sepatu adalah Jaket Gunung. Di atas ketinggian tentunya suhu udara akan berbeda dengan di dataran rendah. Dengan tidak menggunakan jaket dalam suhu yang sangat dingin  bisa saja Anda terkena hipotermia.  Kasus pendaki meninggal karena terkena hipotermia sudah pernah terjadi. Inilah mengapa menggunakan jaket gunung sangat penting untuk Anda yang ingin mendaki.

5.      Sleeping bag

Saat Anda mendaki dan hendak bermalam di atas puncak jangan lupa untuk membawa sleeping bag. Meski Anda sudah menggunakan tenda, sleeping bag juga sangat penting untuk Anda bawa saat mendaki. Selain akan lebih aman, sleeping bag juga bisa berfungsi untuk menghangat tubuh Anda agar tidak terkena hipotermia.

Ada banyak jenis sleeping bag di pasaran seperti dari bahan sintetis hingga dari bulu angsa. Tetapi akan lebih baik jika Anda menggunakan sleeping bag yang terbuat dari bahan sintetis karena akan lebih awet dan tahan lama.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close