Multisport

5 Peralatan Gym yang Cocok untuk Wanita Agar Bisa Latihan di Rumah

Pergi ke gym kadang tidak semudah yang dibayangkan. Bukan hanya karena membayar membership gym itu rasanya mahal sekali sekaligus, Anda juga harus ke luar rumah dan pergi ke pusat perbelanjaan untuk menggunakan alat-alat di sana. Kalau Anda memang tidak sempat untuk pergi ke tempat gym, Anda bisa membeli alatgym untuk latihan di rumah.

Anda tidak perlu membeli mesin-mesin gym yang berukuran besar untuk membuat tubuh Anda terlihat bagus. Anda bisa membeli alat-alat gym kecil untuk menguatkan tangan dan kaki, termasuk bagian paha dalam dan pinggul.

Berikut peralatan gym yang bisa buat tubuh wanita lebih bagus tanpa harus berolahraga ke tempat gym.

1.      Dumbell untuk mengencangkan otot lengan

Anda tidak butuh dumbel 10 kg untuk membuat lengan berotot. Untuk mengencangkan lengan dan kaki, Anda hanya butuh barbel 2 atau 3 kg dan lakukan gerakan squat. Beban ringan dan gerakan yang banyak akan buat otot-otot tubuh lebih kencang tanpa membuatnya besar berlebihan. Melakukan banyak gerakan dengan dumbel yang ringan pun bisa juga membakar kalori layaknya olahraga kardio.

2.      Resistance band untuk menguatkan otot kaki

Karet panjang ini sebenarnya ada di dalam gym. Sayang, tak banyak yang menggunakannya. Beruntungnya, resistance band mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal. Resistance band sering digunakan oleh atlet lari profesional untuk menguatkan otot kaki dan paha, juga pinggul.

Anda juga bisa memanfaatkannya untuk buat otot tangan lebih kuat. Latihan dengan resistance band bisa buat beberapa tubuh Anda lebih kuat.

3.      Gym ball untuk gerakan perut dan punggung

Bola-bola besar di gym juga bisa membuat tubuh Anda lebih kuat sekaligus lentur. Lakukan sit-uppush-up, dan plank dengan menggunakan gym ball. Untuk membuatnya lebih sempurna, Anda bisa kombinasikan gerakan bench press di atas gym ball dan rasakan banyak otot yang akan dilatih dalam satu waktu. Anda juga tidak perlu terlalu besar dalam memilih gym ball.

4.      Aerobic step untuk gerakan naik dan turun

Benda ini memang sering dipakai untuk perlengkapan aerobik dan pastinya Anda sering menemukannya di kelas aerobik atau kardio lainnya. Setidaknya banyak variasi gerakan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan alat yang satu ini, seperti gerakan menanjak dan mengangkat dumbel ke atas.

Aerobic step juga bisa Anda gunakan untuk melatih keseimbangan dan kecepatan kaki. Kecepatan kaki berarti buat kaki Anda lebih lincah. Artinya juga berarti kaki yang lebih ramping.

5.      Matras yoga untuk segala jenis olahraga

Anda pasti sudah paham betul cara menggunakannya. Gerakan-gerakan yoga bisa Anda lakukan di atas matras. Manfaatkan matras yoga lebih banyak lagi dengan melakukan banyak gerakan di sana. Baik untuk stretching, gerakan utama, bahkan untuk pendinginan.

Ada baiknya, Anda tidak hanya memiliki satu matras yoga saja di rumah. Alat yang satu ini bisa menyimpan banyak kuman karena tubuh berkeringat langsung menyentuhnya. Jadi, Anda harus rajin membersihkannya dan menggantinya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close